Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Paman Birin Rencananya Salat Idul Fitri di Masjid Sabilal Muhtadin

- Apahabar.com Selasa, 4 Juni 2019 - 17:03 WIB

Paman Birin Rencananya Salat Idul Fitri di Masjid Sabilal Muhtadin

Mesjid Raya Sabilal Muhtadin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Panitia Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menyiapkan segalanya untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri besok, Rabu (5/6/2019).

Guru KH Hasan Husaini rencananya akan menjadi khatib Salat Idul Fitri di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin.

Baca Juga: Malam Idul Fitri, Ingat Imbauan BPBD Banjarmasin  

Hasan Husaini merupakan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hulu Sungai Tengah (HST) dan Ketua STAI Al Washliyah Barabai.

Selain Husaini, ada juga Tuan Guru H Abdul Muthalib yang ditunjukkan sebagai Imam Salat Id 1 Syawal 1440 Hijriah di mesjid tertua Provinsi Kalimantan Selatan. Guru Besar itu adalah Imam Masjid Agung Barabai.

Kemudian yang dipercaya menjadi Muadzin yakni Ustadz Ibnu Rusydii. Qori ini pernah mengharumkan nama Kalsel di level nasional.

“Kita menginginkan Sabilal Muhtadin ini sebagai Masjid Provinsi jadi setiap tahun kita melibatkan tuan guru di daerah,” terang Ketua Umum Pengurus Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, H Darul Quthni kepada apahabar.com, Selasa (4/6).

Selain itu, Quthri mengakui bahwa Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Sabilal pada 5 Juni atau 1 Syawal 1440 Hijriah.

Tak hanya Gubernur, pihaknya juga mengundang para tokoh agama, pimpinan SKPD Pemprov Kalsel dan Kota Banjarmasin untuk menjalankan salat setelah puasa satu bulan penuh.

“Mereka itu biasanya punya keterlibatan di Mesjid Sabilal Muhtadin. Jadi mereka akan berhadir berbaur dengan jamaah lainnya,” terangnya.

Dia memprediksi 10 ribu umat Islam akan memadati bagian kanan Mesjid Sabilal Muhtadin sebelum pelaksanaan Salat Id digelar pukul 07.15 Wita.

Makanya dia mengimbau para jamaah yang ingin menunaikan ibadah agar segera masuk ke kantor parkir yang telah disediakan pihak pengelola Masjid.

Tujuan, katanya untuk tidak mengganggu lalu lintas di ruas jalan kawasan Masjid. Sehingga juga agar tidak menumpuknya kendaraan.

“Dengan adanya para petugas itu, kita harapkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan para jamaah saat hendak menuju Mesjid maupun Salat Id,” bebernya.

Kemudian, ia juga mengharapkan para jamaah bertanggung jawab dengan sampah yang dibawanya sendiri atau ditaruh ke tempat sampah yang sudah disediakan.

Di sisi lain, sebanyak 1300 petugas Mesjid Sabilal Muhtadin disiagakan sejak Malam Takbiran hingga pelaksanaan Salat Id.

Baca Juga: Areal Festival Tanglong Jadi Tempat Pemudik Beristirahat  

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bahaya Broken Home, Acil Odah: Abis Curhat-curhatan Muncrat-muncratan
apahabar.com

Kalsel

Dukung Siswa Belajar dari Rumah, Ini Persembahan 3 Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Gelar Kuis, Cara Faridawaty Menunjukkan Kepedulian
apahabar.com

Kalsel

Kabar Baik, Peserta JKN-KIS Nunggak Dapat Keringanan
apahabar.com

Kalsel

Detik-Detik Pembunuhan Ibu Muda di Kintap Tala, Pelaku Diam-Diam Menyelinap ke Kamar
apahabar.com

Kalsel

KM Pieces Karam di Matasiri Kalsel, Gelombang Tinggi Hambat Pencarian
apahabar.com

Kalsel

Politeknik Kotabaru Mewisuda Puluhan Sarjana Siap Pakai
apahabar.com

Kalsel

Mengaku Belum Diganti Rugi, Maniso Laporkan Perusahaan Tambang ke Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com