Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Pawai Takbiran di Nagara akan Digelar dengan Kelotok

- Apahabar.com Senin, 3 Juni 2019 - 10:18 WIB

Pawai Takbiran di Nagara akan Digelar dengan Kelotok

Wilayah Daha (Nagara) tampak dari ketinggian. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) menyiapkan agenda pawai takbiran di sejumlah wilayah mereka. Untuk di daerah Daha (Nagara), akan digelar dengan mengendarai kelotok.

Jika biasanya pawai takbiran di malam lebaran dengan mengedarai mobil yang dihias dengan berbagai ornamen, Di Nagara (kecamatan Daha Utara, Kecamatan Daha Selatan, dan Kecamatan Daha Barat) bakal menggelar pawai malam takbiran dengan kelotok yang menyusuri Sungai Daha.

“Kami melaksanakan per kecamatan. Rute tiap kecamatan berbeda beda,

Partisipasi masyarakat akan difasilitasi desa masing-masing,” kata Camat Daha Utara, Luthfi Rahmani pada apahabar.com, Senin (3/6/2019).

Disampaikan Luthfi Rahmani, pihaknya baru tahun ini akan melaksanakan pawai malam takbiran dengan kelotok. Hal itu menyesuaikan wilayah Daha yang berada di tanah rawa. Sedangkan 9 kecamatan lainnya, tetap seperti tahun sebelumnya, yakni dengan mengendarai mobil.

Masih menurut Camat Daha Utara Luthfie Rahmani, jumlah desa per kecamatan di Daha: Kecamatan Daha Utara ada 19 desa, Kecamatan Daha Selatan ada 16 desa. Sedangkan Kecamatan Daha Barat ada 7 desa.

“Jadi, kalau per desa 1 partisipasi kelotok, maka total partisipasi sekitar 42 kelotok, boleh lebih,” katanya.

Diinfokan Luthfie, untuk rute pawai malam takbiran klotok di Kecamatan Daha Utara dimulai dari Pelabuhan Desa Murung Raya (seberang kantor desa) menuju Desa Hakurung luar.

“Start Desa Murung Raya-Desa Balah Paikat-Desa Sungai Garuda-Desa Sungai Mandala (belok ke bawah jembatan rahimin)-Desa Mandala Murung Mesjid-Desa Desa Baruh Kambang-Desa Taluk Haur-Desa Pasungkan-Desa Taluk Labak-Desa Hamayung-Desa Hamayung Utara-Desa Paharangan-Finish Desa Hakurung Luar (batas babirik),” ungkapnya.

Luthfi juga menyampaikan, Hingga hari ini, peserta dari desa masih belum ada yang bersiap-siap. Kebanyakan dari warga akan mempersiapkannya besok hari, Selasa 4 Juni.

“Besok mulai menggawi (menghias) kapalnya untuk pawai malam takbiran, karena saat ini kapal masih dipakai sebagai angkutan umum,” jelasnya.

Luthfie berharap dengan digelarnya pawai takbiran dengan kelotok, dapat menyajikan hiburan dan kemeriahan berbeda dari tahun sebelumnya, di samping melestarikan kearifan lokal wilayah Daha sebagai wilayah perairan yang masih menggunakan transportasi sungai.

Demi kelancancaran dan keamanan kegiatan ini, sambung Luthfie, pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri, dinas perhubungan,  seluruh relawan daha, BPK/PMK se Daha dan seluruh elemen masyarakat dengan menurunkan speed boat kepolisian, perhubungan, BPBD, BPK/PMK sebagai pengawal rombongan.

Baca Juga: Fasilitas Komplit Masjid Al Abrar Kandangan, Tersedia Ruang Pemandian Jenazah

Baca Juga: Inilah Sosok H Yusri, Penulis Al Quran Berukuran Jumbo Asal Kandangan

Reporter: AHC 01
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gelar Peta Jarak Jaring Teritorial, Dandim Banjarmasin: Hindari Penyebaran Berita Hoaks
apahabar.com

Kalsel

Kementerian PUPR Janji Garap Trotoar dan Jalan di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Maklumat Polri Tentang Kerumunan Dicabut, Bagaimana Penerapannya di Kabupaten Banjar?
apahabar.com

Kalsel

Bripka Abdul Aziz, Bhabinkamtibmas Bersuara Merdu
apahabar.com

Kalsel

Luas Tanam Belum Capai Target, Jagung Potensial di Batola
apahabar.com

Kalsel

Akses Penunjang Menuju Bandara, Jalan Panglima Batur-Karang Anyar Sudah Rampung
apahabar.com

Kalsel

Teror Buaya di Sebamban Sudah Tak Asing bagi Warga
apahabar.com

Kalsel

Rp5 Miliar untuk Bangun Incenarator
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com