Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan Kapolresta Palangka Raya: Langgar PPKM Bakal Ditindak Tegas! Kasus Covid-19 Meningkat, Palangka Raya Resmi Terapkan PPKM

Pelayanan Kesehatan Calon Haji Banjarmasin Dialihkan ke RS Sultan Suriansyah

- Apahabar.com Senin, 17 Juni 2019 - 16:57 WIB

Pelayanan Kesehatan Calon Haji Banjarmasin Dialihkan ke RS Sultan Suriansyah

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin mengalihkan pelayanan kesehatan bagi Jemaah  Calon Haji (JCH) asal Banjarmasin ke Rumah Sakit (RS) Sultan Suriansyah.  Alasan dialihkannya pelayanan kesehatan bagi JCH ini diutarakan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah.

Hermansyah mengaku, ini sebagai langkah memudahkan pelayanan kepada JCH yang akan memeriksa kesehatannya untuk kelancaran berangkat mereka dalam ibadah haji.

Diutarakan orang nomor dua di Kota Seribu Sungai ini, jika selama ini pelayanan kesehatan JCH itu dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cempaka.

“Karena ini adalah hari Senin, apalagi Puskesmas Cempaka sedang direnovasi dan biasanya Puskesmas itu di hari kerja seperti ini menampung banyak pasien ada sekira 150 orang lebih. Maka untuk JCH yang dijadwalkan cek kesehatan pada hari ini dialihkan saja ke RS Sultan Suriansyah untuk membantu memfasilitasi tempat,” tutur Hermansyah kepada awak media saat ditemui pada Paripurna DPRD Kota Banjarmasin, Senin (17/6).

Hermansyah tak mengatakan bahwa ini adalah sebagai bentuk awal operasional dari RS Sultan Suriansyah. Ia mengungkap, RS Sultan Suriansyah hanya sebagai fasilitator tempat.

”Kasian kan kalo JCH harus berdesak-desakan dengan pasien lain. Jumlah JCH asal Banjarmasin saja ada kurang lebih 750 orang, dan yang akan memeriksa kesehatannya hari ini ada sekitar kurang lebih 50 orang. Belum termasuk pasien pelayanan Puskesmas hampir 200 orang, apa tidak memakan waktu. Sedangkan pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi JCH sendiri hanya dibatasi dua hari sampai besok tanggal 18 Juni 2019,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama RS Sultan Suriansyah, Sukotjo Hartono membenarkan adanya penggunaan RS Sultan Suriansyah untuk pelayanan kesehatan JCH Banjarmasin.

“Kita di sini hanya memfasilitasi tempat, karena Puskesmas Cempaka sedang direnovasi. Daripada disana membeludak ya lebih baik dialihkan dulu agar memudahkan. Kalau peralatan medis tetap datangnya dari pihak Puskesmas dan kami juga mendapat bantuan dari RS Ansari Saleh, nanti setelah selesai semua peralatan medis itu ya balik lagi dikembalikan kepada pihak Puskesmas dan RS Ansari Saleh,” kata Sukotjo.

Baca Juga: Inilah Jadwal SIM Keliling Polres Batola

Baca Juga: WTP tak Berpengaruh Kesejahteraan Rakyat

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Catat, Kebutuhan ODP Gowa di Banjarbaru Dijamin Selama Karantina
apahabar.com

Kalsel

Penasaran, Ketum BP HIPMI Intip Dapur Ayam Ungkep Jati Ayom Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tradisi Menarik di 21 Ramadan, Desa Kahakan Gelar ‘Batatarangan’
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Warga Banjarbaru Perhatikan Peringatan BMKG Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Demi Pilwali Banjarmasin, Karmila Ganti Nama KTP
apahabar.com

Kalsel

Hadiri Rapat RKPDes, Bhabinkamtibmas Polsek Alabio Pastikan Sesuai Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Biddokkes Polda Kalsel Tasyakur Masjid Sekaligus Bakti Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Lebih 13 Jam “Nangkring” di Tower BTS, Sakur Belum Mau Turun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com