apahabar.com
Masjid Syuhada Paringin. Foto-apahabar.com/Agus Suhady

apahabar.com, PARINGIN – Masjid Syuhada yang berada di Desa Hujan Mas, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan masih berdiri kokoh.

Masjid ini disebut-sebut masjid tertua, karena dibangun sekitar tahun 1930 oleh para ulama dan juga seorang pahlawan yaitu Kyai Martasura yang dibantu masyarakat sekitar.

Ketua Masjid Syuhada H Subeli menceritakan, kepada apahabar.com, Kyai Martasura merupakan seorang pahlawan dan juga ulama yang disegani.

Sebelum membangun masjid , Kyai Martasura terlebih dulu mengadakan musyawarah dengan para ulama dan masyarakat setempat.

“Keinginan beliau membangun masjid tentunya disambut antusias masyarakat. Maka saat itu masyarakat bergotong-royong untuk mencari dan menyiapkan bahan ke hutan mencari kayu. Bahkan saat pembangunan selalu diiringi bacaan selawat,” ungkapnya.

“Ukuran bangunannya Masjid Syuhada ini memiliki panjang sekitar 12 meter dan lebar 8 meter, tiang penyangga bangunan terdapat 9 tiang,”sambungnya

Pada teras Masjid Syuhada ini terdapat tajau (kendi besar) untuk penampungan air yang dulunya digunakan untuk keperluan di masjid.

Menurut sebagian peziarah percaya bisa menyembuhkan penyakit panas jika airnya dicuci ke muka. Apalagi kendi berisi murni air hujan.

Baca Juga: Desa Lok Panginangan Wakili Balangan Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi

Baca Juga: Pilkada 2020, Wakil Bupati Balangan Belum Tentukan Sikap

Reporter: AHC08
Editor: Syarif