Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Pemprov Kalsel Diminta Tingkatkan Dana Penanggulangan Bencana

- Apahabar.com     Sabtu, 15 Juni 2019 - 18:06 WITA

Pemprov Kalsel Diminta Tingkatkan Dana Penanggulangan Bencana

Banjir. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan, H Suripno Sumas meminta agar pemerintah daerah setempat meningkatkan dana cadangan untuk penanggulangan bencana.

“Saya kira Pemda, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota perlu meningkatkan dana cadangan penanggulangan bencana,” ujarnya saat perjalanan pulang studi komparasi Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi masalah bencana itu dari Jawa Barat, Sabtu.

Namun studi komparasi Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai H Syahdillah dari Partai Gerindra itu ke “Bumi Siliwangi” atau “Tanah Pasundan” Jawa Barat bukan masalah bencana, melainkan mengenai organisasi pemerintahan daerah.

Menurut alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu, yang namanya bencana sekarang, terlebih ke depan sulit diperkirakan.

“Pasalnya fenomena alam belakangan sulit kita terka, kendati dengan pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),” ujar dia.

Sebagai contoh bulan Juni semestinya sudah memasuki musim panas atau kemarau, tetapi justru hujan lebat turun dan menimbulkan bencana banjir, seperti terjadi di Kabupaten Kotabaru, Kalsel baru-baru ini.

“Memang kita semua tidak menginginkan, tetapi tidak menutup kemungkinan kejadian serupa dengan di Kotabaru tersebut bisa terjadi. Na’uzubillahi,” lanjutnya.

Kejadian bencana banjir di Kotabaru atau kabupaten paling timur Kalsel itu hendaknya kita jadi pengalaman berharga, baik dalam upaya meningkatkan kewaspadaan maupun antisipasi dini dan penanggulangan.

Oleh karenanya, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu mengingatkan atau mengimbau semua pihak supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan bencana.

Selain itu, yang tidak kalah penting yaitu antisipasi dini agar terhindar atau minimal dapat mengurangi dampak buruk dari bencana.

Begitu pula dana cadangan untuk penanggulangan bencana harus memadai, tak mungkin cuma dari pos yang tak terduga, tambah mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Kalsel itu.

“Karena yang namanya penanggulangan bencana tidak cuma menyediakan dapur umum, tetapi juga berbagai kebutuhan korban bencana tersebut seperti selimut, pakaian layak pakai, dan lainnya. Kesemua memerlukan dana,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Relawan Pramuka Peduli Galang Dana untuk Korban Banjir di Tanah Bumbu

Baca Juga: Pemprov Kalteng Segera Salurkan Bantuan Pangan Korban Banjir

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pengendara yang melintas di depan masjid besar Noor Tanta yang belum divaksin ditawari petugas untuk disuntik vaksin Covid-19. Foto - apahabar.com/M.Al-Amin

Tak Berkategori

Tiga Pilar Tanta Terus Genjot Vaksinasi Covid-19 di Tabalong
apahabar.com

Tak Berkategori

Biang Kerok Pelemahan Rupiah Rabu Pagi

Tak Berkategori

Wakil Bupati dan Pejabat Pemkab Tanbu Shalat Idul Adha di Masjid Agung Nurussalam
apahabar.com

Tak Berkategori

Pemberlakuan PP 49/2018 Menunggu Perpres
Denny Indrayana

Tak Berkategori

Siapa Sosok Aman? Seteru Jurkani di Ricuh ‘Subuh Keliling’ Denny Indrayana
Banjarmasin

Tak Berkategori

Blakblakan Ibnu Perpanjang PPKM Level IV: APD Standar, Ratusan Nakes Terpapar 

Tak Berkategori

Perkosa Anak di Bawah Umur, Dua Pemuda di Tabalong Terancam Penjara 15 Tahun
Penembakan Tanah Bumbu

Tak Berkategori

DIPECAT! Tentara Penembak Warga di Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com