Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Pemudik di Bandara Syamsudin Noor Banyak Darah Tinggi

- Apahabar.com Sabtu, 8 Juni 2019 - 16:26 WIB

Pemudik di Bandara Syamsudin Noor Banyak Darah Tinggi

Posko Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin di Bandara Syamsudin Noor. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Para pemudik di Bandara Syamsudin Noor terdiagnosis banyak mengalami hipertensi atau darah tinggi. Hal itu diketahui usai dilakukan pemeriksaan kesehatan di Posko Terpadu Angkutan Lebaran.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Nor Isnaniah mengatakan, sejak H-7 Lebaran hingga memasuki arus balik saat ini, sudah ada 67 orang yang melakukan cek kesehatan.

“Kami melakukan cek tensi, hasilnya sebagian besar tekanan darah atau denyut jantung lebih tinggi daripada normal,” ujarnya di Banjarbaru, Sabtu, dikutip apahabar.com dari Antara.

Perawat di Kantor Kesehatan Pelabuhan ini menjelaskan, normalnya tekanan darah orang dewasa yang sehat yaitu antara 90/60 mmHg hingga 120/60 mmHg.

Sedangkan saat pemeriksaan, para pemudik di Bandara Syamsudin Noor kebanyakan di atas 140, sehingga didiagnosis mengalami gangguan fungsi jantung tertentu.

“Penyebab hipertensi bisa bermacam-macam seperti merokok, obesitas, kurang aktifitas fisik, konsumsi alkohol berlebihan hingga stres,” papar wanita yang biasa disapa Nana ini.

Apa yang didapati dari hasil pemeriksaan para pemudik ini pun berbanding lurus dengan data Riskesdas 2018, di mana prevalensi hipertensi berdasarkan hasil pengukuran pada penduduk usia 18 tahun sebesar 34,1 persen, tertinggi di Kalimantan Selatan (44.1 persen).

Ironisnya, sebagian besar penderita hipertensi tidak menyadari bahwa dirinya hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan lantaran merasa sehat-sehat saja.

Padahal hipertensi merupakan salah satu pintu masuk risiko terserang penyakit mematikan seperti serangan jantung, gagal ginjal, diabetes dan stroke.

Pelayanan kesehatan gratis yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan menempatkan lima petugasnya yang dibantu enam perawat dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan moto “Mudik sehat, aman dan selamat”, diharapkan masyarakat selalu menjaga kesehatannya di momen mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini dengan rutin memeriksakan kesehatannya meski hanya untuk sekadar cek tensi.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan Ini yang Kebanyakan Dialami Pemudik di Bandara Syamsudin Noor

Baca Juga: Ditinggal Mudik, Remaja 16 Tahun Tewas Terpanggang

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Hari Kemerdekaan RI, Simak Pesan Dandim 1022/Tanah Bumbu
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Kalsel 2020, Sederet Sanksi Menanti Polisi yang Tak Netral
apahabar.com

Kalsel

Liputan Demo Anti-Omnibus Law Banjarmasin, Wartawan Kecopetan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Ramadan, Stok Daging Sapi di Banjarmasin Aman
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Rambah Perkantoran di Batola, Bupati Tekankan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Pasca Haul Abah Guru Sekumpul, Budaya Sungai Martapura Hidup Kembali
apahabar.com

Kalsel

Wujudkan Komitmen PASTI, Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Komisi X DPR RI Desak Kemenparekraf Realisasikan Kebijakan Percepatan Penanganan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com