Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Perkuat Kompetensi Pemangku Jabatan, Kemenkumham Kalsel Gelar Assessment Center

- Apahabar.com Rabu, 26 Juni 2019 - 19:39 WIB

Perkuat Kompetensi Pemangku Jabatan, Kemenkumham Kalsel Gelar Assessment Center

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Assessment Center, di Aula Kemenkumham Kalsel, Rabu (26/6) siang. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Assessment bisa disebut sebagai penerapan dan penggunaan berbagai metode dan alat untuk memperoleh informasi mengenai kompetensi dari setiap individu yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi. Sakah satunya pembinaan kepegawaian.

Maka dari itu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Assessment Center, di aula kantor kemenkumham Kalsel, Rabu (26/6) siang.

Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi pejabat struktural Eselon IV dan V, oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham Kalsel.

Tujuannya guna menjaring para pejabat struktural yang sudah memiliki kompetensi khusus sesuai dengan kepribadiannya, yang  nantinya bila memenuhi kualifikasi dari hasil assessment akan ditempatkan pada jabatan yang tepat.

Ketua panitia kegiatan, Rakhmat Renaldy dalam laporannya menjelaskan bawa assessment sebagai bagian dari program pemetaan profil kompetensi bagi pegawai Aparatur Sipil Negara yang telah menduduki jabatan struktural Eselon IV dan V di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel

“Hasil dari pemetaan ini nantinya dapat dipergunakan sebagai bahan analisis kompetensi,” jelasnya

Dikatakannya, dalam proses usulan maupun suatu promosi, nantinya masih menggunakan instrumen-instrumen yang berkaitan dengan penilaian kompetensi yang berkaitan dengan 3 hal berupa kompetensi menajerial, sosial kultural, dan substansial.

Sehingga bagi pejabat yang sudah mendapatkan jabatan struktural agar tidak gugur dengan hal-hal yang sederhana, tetapi dari tiga kompetensi tadi yang sudah dikuasai secara teknis harus semakin ditingkatkan.

Kemudian, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel dalam sambutannya mengatakan orang-orang yang memang memiliki kompetensi yang sesuai pada tempat dan pekerjaan yang tepat, juga dengan pengalaman seseorang dengan kompetensi yang dimilikinya secara bertahap terus-menerus dikembangkan untuk mengasah kemampuannya, agar nantinya bila mendapat promosi, jabatan, bahkan refreshmen sekalipun tidak bingung lagi karena penempatannya sesuai dengan kompetensi.

“The right man at the right place on the rigt job,” ungkapnya.

Yang jelas ini, dikatakannya, adalah maping yang menjadikan acuan penilaian bagi pusat untuk menempatkan individu-individu yang sudah memenuhi kualifikasi agar ditempatkan pada struktur jabatan yang sesuai.

Baca Juga: Diduga Niat Bunuh Diri, Udin Terjun Bebas di Sungai Daha Utara hingga Tenggelam

Baca Juga: Fiersa Besari Kado Spesial HUT Ke-33 SMAN 7 Banjarmasin

Reporter: AHC07
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Buka Suara Soal Kasus Pemerkosaan Wanita Tunagrahita di Tapin
apahabar.com

Kalsel

Royadi Akhyar dan Optimisme Besarnya Melawan Covid-19
apahabar.com

Kalsel

6 Pelamar CPNS Disabilitas Batola Bertarung di Jalur Umum
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 Baru di Tala 4 Orang, Semuanya Klaster Gowa
apahabar.com

Kalsel

Operasi Lilin Intan, Polres Balangan Periksa Urine Supir
apahabar.com

Kalsel

Sempat Reaktif, Belasan Napi di Rantau Tapin Bebas Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Walk Out Tolak UU Omnibus Law, Cafe di Banjarmasin Gratiskan Menu Untuk Kader Demokrat dan PKS
apahabar.com

Kalsel

Habar Haji 2019; Tiba Malam Ini, Jemaah Haji BDJ 01 Bertambah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com