Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Persiapan Haji Kalsel 2019, Keberangkatan Pertama Jemaah HSS dan Banjarmasin Dijadwalkan 9 Juli

- Apahabar.com Jumat, 14 Juni 2019 - 11:17 WIB

Persiapan Haji Kalsel 2019, Keberangkatan Pertama Jemaah HSS dan Banjarmasin Dijadwalkan 9 Juli

Ilustrasi keberangkatan jemaah haji. Foto-net.

apahabar.com, BANJARMASIN – Persiapan Haji 2019 di Kalimantan Selatan terus dilakukan. Dijadwalkan keberangkatan pertama jemaah asal Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Banjarmasin mulai 9 Juli mendatang.

Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kementrian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel), H Nofirman mengatakan untuk urusan dokumen terbilang lancar.

“Jemaah yang telah melunasi pembayaran di tahap satu dan dua, Insya Allah paspornya sudah diurus semua. Sekarang kita sudah mengirim 7 kloter paspor ke Jakarta, dari total 17 kloter dan 2 kolter tambahan itu,” kata Firman kepada apahabar.com, baru-baru ini.

Khusus di Provinsi Kalsel, penentuan pemberangkatan kloter dilakukan melalui qur’ah atau undian. Hasilnya, kloter pertama yaitu jemaah HSS dan Banjarmasin.

“Kloter pertama dijadwalkan masuk tanggal 8 Juli dan berangkat tanggal 9 Juli. Tapi melihat adanya penambahan kuota, kita belum tahu apakah ada perubahan atau tidak. Karena 17 kloter sudah ditetapkan jadwalnya,” imbuhnya.

Terkait penambahan kuota haji, Firman menyebut telah memberikan kesempatan untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sampai tahap ketiga. Dan hingga saat ini tersisa 54 yang belum mengisinya.

apahabar.com

Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kementrian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan, H Nofirman. Foto-apahabar.com/AHC09

“Total awalnya kan 3831 orang ditambah kuota baru 324 total jadinya 4155. Di tahap pertama sudah ada 3897 orang, kemudian yang melunasi di tahap kedua dan ketiga ada 204 orang. Jadi kalau ditotal sisanya hanya 54 orang lagi, makanya sekarang dibuka tahap ke empat untuk mengisi,” ungkap Firman merincikan.

Firman menjelaskan sebanyak 110 orang dari 324 kuota tambahan tidak dapat melunasi BPIH dengan alasan tidak siap dan masalah ekonomi.

Lantas, untuk mengisi kekurangan kuota, maka diisi mutasi masuk dari provinsi lain. Sedangkan pengajuan data 54 orang tadi, maksimal ditunggu hingga awal pekan depan.

“Pengajuan ke Jakarta paling lambat Senin tanggal 17 nanti. Makanya saya kirim surat ke daerah untuk menginventaris nama-nama yang berhak mengisi sesuai dengan kriteria yang ada,” tuturnya.

Senada, Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Kalsel, Hidayaturrahman juga mengatakan persiapan pembinaan calon jamaah haji sejauh ini lancar. Untuk Banjarmasin akan dilaksanakan tanggal 19 Juni nanti.

“Sesuai keputusan dirjen penyelenggaraan haji dan umrah (PHU), saat ini kita mengadakan manasik serentak di seluruh Kalimantan Selatan. Pelaksanaan ada 10 kali, 2 kali manasik massal di kabupaten dan 8 kali di KUA,” ujarnya.

Baca Juga: Achmad Fikry Pantau Manasik Haji

Baca Juga: Calon Jemaah Haji HST akan Berangkat pada Gelombang Pertama

Reporter: AHC09
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali
Banjarmasin

Kalsel

Ketinggian Air di Banjarmasin 30 Cm, Status Tanggap Darurat Diperpanjang Lagi
Sungai

Kalsel

Menang Telak di Kandang, Haris-Ilham Sapu Bersih Perolehan Suara di TPS 28 Sungai Miai
Penghuni Rutan Rantau

Kalsel

Penghuni Rutan Rantau Digeledah dan Dites Urine Mendadak
Pilbup

Kalsel

Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Jasad Pria Renta di Sungai Gegerkan Warga Landasan Ulin
apahabar.com

Kalsel

MHM Bakal Bantu UMKM Kalsel Kantongi Izin BPOM
apahabar.com

Kalsel

Turunkan Mobil Water Canon, Jalan Poros Martapura Disemprot Disinfektan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com