Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Polisi Tetapkan A dan T Tersangka Teroris di Kalteng

- Apahabar.com Selasa, 11 Juni 2019 - 20:30 WIB

Polisi Tetapkan A dan T Tersangka Teroris di Kalteng

Direktur Kriminal Umum Polda Kalteng Kombes Ignatius Agus Prasetyoko memperlihatkan foto dua orang yang ditetapkan jadi tersangka teroris pada jumpa pers di Mapolda Kalteng, Palangka Raya, Selasa (11-6-2019). Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan dua dari 33 orang sebagai tersangka tindak terorisme yang diamankan di dua lokasi berbeda, yakni di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko dalam jumpa pers di Mapolda setempat, Selasa (11/06/2019).

Baca Juga: Begini Tanggapan Warga Tempat Tinggal Dua Keluarga Terduga Teroris di Palangka Raya

“Untuk yang ditetapkan sebagai tersangka, ada dua orang, yakni berinisial A dan T,” katanya dikutip apahabar.com dari Antara.

Meski demikian, polisi masih melakukan pemilahan yang dilakukan oleh Satuan Wilayah (Satwil) Densus 88 Polda Kalteng. Mengingat dari 33 orang itu, terdapat anak-anak dan istri terpapar radikalisme yang diajarkan oleh dua orang jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang pernah melakukan latihan di Aceh.

Kedua terduga terorisme kini sudah mendekam di rumah tahanan Polda Kalteng. Di Palangka Raya, mereka mengasingkan diri serta mencari tambahan logistik atau yang di sebut mereka uzla.

Disamping itu juga berlatih dengan ajaran yang dianjurkan kelompoknya itu, lalu akan berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi di suatu tempat.

“Sebelum mereka pergi ke Jakarta, tim Densus 88 sudah menggagalkan rencana yang sudah disusun kelompok tersebut. Mereka ini juga sudah masuk daftar pencarian orang (DPO), kemudian tim Densus 88 menangkapnya,” ucap jenderal berpangkat bintang dua tersebut.

apahabar.com

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Anang Revandoko (pegang microphone) pada sesi jumpa pers penangkapan 33 orang terkait dengan terorisme di Palangka Raya, Selasa (11-6-2019). Foto-Antara

Dalam pemaparannya, dari kediaman dua terorisme di Jalan Pinus Permai III Kelurahan Panarung, Kacamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, polisi mengamankan sejumlah barang bukti.

Seperti sejumlah buku tentang jihad, senjata tajam, buku nikah, anjungan tunai mandiri (ATM), toples besar berisi serbuk warna putih, serta sejumlah benda-benda yang menurut Densus 88 berbahaya.

Disinggung dua wilayah di Kalteng dijadikan tempat mereka berlatih, sampai saat ini polisi masih melakukan pengembangan agar hal tersebut dapat mereka ketahui.

“Motifnya masih dilakukan pendalaman. Dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka melakukan tindak teroris masih menjalani pemeriksaan intensif oleh Densus 88,” beber Irjen Pol Anang.

Dua terorisme yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas inisial A dan T dikenai Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dipenjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun.

Sementara itu, sejumlah orang terkait dengan terorisme tersebut yang diamankan di Kabupaten Gunung Mas, Senin (10/06/2019) malam, kini masih dalam perjalanan menuju Kota Palangka Raya. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan guna mengetahui keterlibatan orang-orang tersebut.

Bahkan, dalam jumpa pers yang digelar Polda Kalteng juga menghadirkan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopinda) provinsi setempat.

Mereka meminta masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada dengan adanya kejadian tersebut.

Terungkapnya jaringan terorisme di Palangka Raya tidak lain berkat kerja sama anggota Polda Kalteng, tokoh agama, masyarakat, Badan Intelijen Negara (BIN), dan pihak lainnya.

Baca Juga: 25 Terduga Teroris yang Diamankan di Palangkaraya dan Gumas Jaringan Uzla

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Efek Ops Patuh, Warga Banua Berbondong-bondong Bikin SIM
apahabar.com

Hukum

Berkas Pembunuhan Sungai Tabuk Kembali Dikirim ke Kejaksaan
Bawa Narkoba ke Tempat Ibadah, Dua Warga HST Ditangkap

Hukum

Bawa Narkoba ke Tempat Ibadah, Dua Warga HST Ditangkap  
apahabar.com

Hukum

Jelang Pelantikan Tsai Ing-wen, Kapal Perang AS Transit di Selat Taiwan
apahabar.com

Hukum

Bekas Kapolda Jadi Tersangka Kasus Makar
apahabar.com

Hukum

Simpan 2 Paket Sabu di Kamar Mandi, IRT di Kobar Diciduk Polisi
apahabar.com

Hukum

PKS: Caleg Diduga Cabuli Anak Sendiri Bukan Kader
apahabar.com

Hukum

Detik-Detik Menegangkan Tewasnya Istri Muda Pembakal di HST, 16 Adegan Diperagakan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com