BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Posisi Duduk saat Makan Tambah Nikmat

- Apahabar.com Rabu, 12 Juni 2019 - 07:28 WIB

Posisi Duduk saat Makan Tambah Nikmat

Ilustrasi makan. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Makanan, bukan hanya soal komposisi bumbu atau cara memasak saja. Ternyata posisi badan saat makan juga memengaruhi citarasa makanan yang disantap.

Belum lama ini para peneliti menemukan bahwa menghabiskan makanan dengan berdiri selama beberapa menit dapat memicu stres fisik, menghilangkan indera rasa pada makanan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research menemukan postur tubuh memengaruhi persepsi rasa. Dan diketahui bahwa lebih baik makan dalam posisi duduk.

Para peneliti melihat secara khusus bagaimana indera vestibular, yang bertanggung jawab untuk keseimbangan, postur, dan orientasi spasial, berinteraksi dengan sistem sensori gustatory, yang memengaruhi selera dan citarasa.

“Temuan ini menunjukkan bahwa orangtua mungkin dapat membuat makanan sehat rasanya lebih enak dengan meminta anak-anak makan sambil berdiri (vs duduk),” kata ketua penulis studi Dipayan Biswas, Profesor di University of South Florida di AS.

Seperti ditulis Vivanews.com, tim peneliti menemukan bahwa gaya gravitasi mendorong darah ke bagian bawah tubuh, menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah kembali ke bagian atas tubuh, sehingga mempercepat detak jantung. Ini mengaktivasi hipotalamus-hipofisis adrenal (HPA) dan menyebabkan peningkatan konsentrasi hormon stres kortisol.

Reaksi berantai ini mengurangi sensitivitas sensorik, yang memengaruhi evaluasi rasa makanan dan minuman, persepsi suhu makanan, dan volume konsumsi keseluruhan. Ketika orang mengalami ketidaknyamanan, makanan yang biasanya terasa enak tidak tampak menyenangkan, kata penelitian itu.

Tim peneliti mengonfirmasi hipotesis mereka dengan meminta 350 peserta menilai tingkat kepekaan pita chip. Mereka yang berdiri memberikan peringkat yang kurang baik dibandingkan mereka yang duduk di kursi empuk.

Mereka memperluas studi dengan menimbulkan stres tambahan dan meminta peserta untuk mencoba makanan ringan sambil membawa tas belanja. Peserta duduk dan berdiri melaporkan berat tambahan membuat rasa makanan lebih buruk.

Baca Juga: Menahan Pipis saat Terjebak Macet Mudik Berbahaya

Baca Juga: Bosan Es Teler, Coba Minuman Menyegarkan yang Satu Ini

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Punya Daging Sapi? Yuk Bikin Kebab Sendiri

Gaya

Banyak Penderita Diabetes Tidak Sadar
apahabar.com

Gaya

Tuai Perdebatan Daring, JK Rowling: Karakter yang Dikritik di Novel Troubled Blood Terinspirasi Fakta
apahabar.com

Gaya

Setengah Juta Akun Zoom Dijual di Situs Gelap
apahabar.com

Gaya

Facebook Akan Perkenalkan Mode Gelap untuk Aplikasi Selular

Gaya

Dua Ponsel Ikonik Nokia Akan Dijual Lagi?
apahabar.com

Gaya

Hilang Indra Penciuman dan Pengecapan Jadi Gejala Awal Covid-19, Berikut Kata Peneliti
apahabar.com

Gaya

Makan Durian Saat Perut Kosong Bahayakan Lambung?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com