Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Puluhan Warga HST Ikuti Pelatihan, Istri Bupati Berharap Jadi Peluang Usaha

- Apahabar.com Kamis, 20 Juni 2019 - 08:35 WIB

Puluhan Warga HST Ikuti Pelatihan, Istri Bupati Berharap Jadi Peluang Usaha

Peserta pelatihan keterampilan otomotif membongkar mesin sepeda motor matic saat kegiatan pelatihan di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Puluhan warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti kegiatan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Kegiatan itu dilaksanakan melalui Dinas Penanaman Modal, PTSP, Dan Tenaga Kerja selama 24 hari.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekda HST, HA Tamzil itu terhitung sejak kemarin (Rabu, 19/6/2019) sampai dengan 16 Juli 2019. Ada 3 pelatihan keterampilan yang akan diajarkan yakni, otomotif, konfeksi dan prosesing hasil pertanian. Setiap keterampilan itu diisi oleh 20 peserta.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, H Zamhasari mengatakan pelatihan keterampilan itu diadakan untuk memberikan bekal serta menyiapkan tenaga kerja siap pakai agar mampu bersaing di era globalisasi.

Pada kegiatan itu, nampak Istri Bupati sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda HST, Ernawati Chairansyah membaur dan memberikan arahan, motivasi serta pesan kepada 60 peserta yang mengikuti pelatihan di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja HST.

Mengingat saat ini penjahit yang ada masih sangat minim, Ernawati mengatakan, baik dari segi jumlah maupun dari sisi layanannya, diperlukan usaha konfeksi oleh masyarakat. Dengan demikian menjahit merupakan salah satu usaha yang memiliki peluang besar untuk digeluti.

apahabar.com

Istri Bupati HST sekaligus Ketua TP PKK, Ernawati Chairansyah didampingi Sekda HST, HA Tamzil memberikan topi secara simbolis kepada peserta pelatihan tanda dibukanya kegiatan pelatihan ketererampilan di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja. Foto-Istimewa

“Kalau kita cermati, masih banyak yang ingin membuat pakaian lebih memilih untuk memakai jasa penjahit di luar daerah. Hal tersebut tentu patut menjadi pemikiran kita bersama. Dengan itu saya beri tantangan kepada para peserta sehingga para peserta untuk berkreasi setelah mengikuti pelatihan ini,” ujar Ernawati kepada para peserta pelatihan, Rabu (19/6).

Hal serupa juga dikatakan Ernawati kepada peserta pelatihan otomotif agar setelah pelatihan itu mampu membuka peluang usaha. Dengan bekal yang diberikan di pelatihan itu, ia berharap peserta mampu berinovasi.

“Jangan disalahgunakan untuk hal hal yang tidak bermanfaat. Berinovasilah agar keterampilan yang dimiliki nantinya lebih berdaya guna,” pesan Ernawati.

Begitu pula kepada peserta keterampilan prosesing, Isteri Bupati itu juga berharap bisa memanfaatkan keterampilan yang diberikan saat pelatihan tersebut.

“Supaya nantinya dapat menghasilkan produk yang maksimal dan dapat menunjang kebutuhan sehari-hari yang akan menghasilkan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga,” terang Ernawati.

Baca Juga: Dinsos HSS Serahkan Gerobak Dorong untuk Fatimah

Baca Juga: Hipmi Apresiasi Presiden Jokowi atas Komitmennya Terhadap Dunia Usaha

Baca Juga: Tahun Ini, Kelompok Usaha di Kaltara Kecipratan Rp 2,3 M

Baca Juga: Dinsos Bangkitkan Usaha Madu Kelulut dan Lebah Meratus di Balangan

Reporter: AHC 11
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Rizky Febian Sebut Lagu di Album Jejak adalah ‘Mukjizat’
apahabar.com

Kalsel

Jauhi Angka Kematian, Pasien Sembuh Covid-19 di Kalsel Terus Bertambah
apahabar.com

Borneo

Mengendap-endap, Pemuda Dibekuk Pengurus Masjid di Banjarmasin Timur
apahabar.com

Kalsel

Info Covid-19 Kalsel Sore Ini: Positif Tambah 17 Kasus, Sembuh 7 Orang
apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Tugas, Kapolres Batola Bagi Bapok
apahabar.com

Kalsel

Tertinggi Ketiga di Kalsel, Kasus Covid-19 di Tanah Laut Tembus Seribu Kasus
apahabar.com

Kalsel

Trisakti Membara, 7 Rumah dan 1 Kios Hangus Dilalap Api
apahabar.com

Kalsel

Kurva Covid-19 Terus Naik, Kalsel Tambah 60 Pasien Positif Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com