Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Saat Lebaran, BMKG Prediksi Kalteng Cerah Berawan

- Apahabar.com Rabu, 5 Juni 2019 - 06:20 WIB

Saat Lebaran, BMKG Prediksi Kalteng Cerah Berawan

Logo BMKG. Foto – BMKG.go.id

apahabar.com, PALANGKARAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut, Palangka Raya memprediksikan cuaca di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada saat Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah akan cerah berawan.

“Berdasarkan data pengamatan, pagi hari pertama Idul Fitri diperkirakan kondisi cuaca rata-rata wilayah Kateng akan cerah berawan,” kata prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Arif Fahman di Palangka Raya, seperti dilansir Antara, Selasa (4/6/2019).

Baca Juga: Umat Islam Bayar Zakat Terus Mengalir  

Meski demikian, lanjut dia pada siang menuju senja di pertama Lebaran wilayah Provinsi berjuluk Bumi Pancasila, Bumi Tambun Bungai diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Potensi fenomena cuaca lain yang menyertai hujan dan juga harus menjadi kewaspadaan bagi masyarakat ialah adanya angin dan petir dan kilat.

“Potensi petir dan kilat ini akan terjadi sesaat sebelum hujan terjadi. Hal itu merupakan proses pematangan hingga puncaknya turun hujan,” ujarnya.

Arif menerangkan, potensi yang sama juga masih akan terjadi di wilayah Provinsi Kalteng hingga sepekan Lebaran mendatang atau hingga Sabtu (8/6).

Dia menerangkan, saat ini cuaca di wilayah Kalteng telah masuk pada musim kemarau. Curah hujan yang terjadi sendiri karena adanya fenomena alam di sekitar wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Sebenarnya sejak Mei 2019 sudah masuk musim kemarau dan mulai terjadi penurunan curah hujan. Namun karena adanya tekanan rendah antara Malaysia dan Singkawang menyebabkan belokan angin,” katanya.

Akibatnya, lanjut dia kecepatan angin terutama di daratan wilayah Kalteng melambat. Uap-uap air yang dibawa angin akhirnya menumpuk di wilayah Kalteng dan itu yang menyebabkan hujan turun.

Warga yang beraktivitas di luar rumah atau yang ingin menyaksikan pawai takbir pun diimbau untuk waspada karena sesaat sebelum hujan terjadi juga diprediksikan terjadi angin kencang diikuti petir dan kilat.

“Sebaiknya masyarakat pengendara motor menyiapkan jas hujan dan payung bagi pejalan kaki serta mewaspadai terjadinya genangan air di jalan raya,” kata Arif.

Baca Juga: Penerimaan Zakat Fitrah di Mesjid Raya Nurul Islam Menurun  

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sekda Kapuas Minta Satpol PP Stop Bangunan Sarang Burung Walet Baru
apahabar.com

Kalteng

2 Desa di Kapuas Kalteng Raih Penghargaan Kementerian LHK
apahabar.com

Kalteng

Berjalan Kaki dari Rumah Insiprasi, Sugianto Sabran-Edy Pratowo Resmi Mendaftar ke KPU Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 1 Orang Meninggal Dunia, 1 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Genjot SDM TIK, Kapuas Bidik Smart City
apahabar.com

Kalteng

Bupati Barut Pantau Percepatan Jalan Lahei-Luwe
apahabar.com

Kalteng

Puluhan Desa di Kobar Kalteng Dilanda Banjir
apahabar.com

Kalteng

Ada Tapai Amsterdam di Kapuas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com