Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya

Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik

- Apahabar.com Sabtu, 15 Juni 2019 - 10:59 WIB

Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik

Mudik dengan sepeda motor. Foto-Okezone.news

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada Lebaran tahun ini, mayoritas masyarakat Kalimantan Selatan lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Hal tersebut diperoleh apahabar.com dari data hasil monitoring Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) XV Wilayah Kalimantan Selatan.

Dari data tersebut, untuk mayoritas kendaraan yang lewat pada lebaran tahun ini, masih didominasi kendaraan roda dua, sebanyak 1.082.750 unit. Kemudian diikuti oleh mobil pribadi, 678.350 unit.

“Sekitar 60 persen kendaraan roda dua dan mobil pribadi sekitar 30 persen, kemudian sisanya angkutan umum dan angkutan barang,” kata Ardono Kabalai BPTD XV Wilayah Kalsel.

Baca Juga: Jalan Balangan Basah, Pemudik Wajib Waspada

Sedangkan untuk total kendaraan yang lalu lalang dari H-7 hingga H+7 lebaran, di 5 titik posko pantauan oleh BPTD XV Wilayah Kalsel, sebanyak 1.997.737 unit.

Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor dikarenakan ongkos yang lebih ekonomis dan lebih praktis untuk berpergian di kampung halaman.

Ardono juga menilai, hal tersebut juga dipengaruhi oleh wilayah topografi Kalsel yang jarak antar kotanya tidak terlalu jauh dan hanya bisa dicapai dengan hitungan jam karena lintasan jalan yang sudah nyaman dan mulus untuk dilewati.

Padahal angka kecelakaan di Indonesia terkhusus di Kalsel sendiri, juga didominasi oleh kendaraan roda dua, dikarenakan kebanyakan masyarakat yang masih belum sadar dengan keselamatan diri dalam berkendara.

Lantas, dikatakannya bahwa hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi provinsi Kalsel agar bisa menyediakan mobil angkutan yang lebih nyaman dalam pelayanan dan berkeselamatan serta bisa bersaing dengan kendaraan pribadi. Agar hal tersebut bisa menekan angka kemacetan dan kecelakaan di wilayah kalsel.

Baca Juga: Mudik 2019 Lancar, Masyarakat Banua Apresiasi Kinerja Polisi

Reporter: AHC07
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bupati Tapin Lantik 3 Kepala Dinas Baru
apahabar.com

Kalsel

Musim Banjir, BPBD Banjar Tak Asal Beri Bantuan
apahabar.com

Kalsel

AKBP Pipit Subiato Resmi Jabat Kapolres Tapin, Ini Pesan Bupati
apahabar.com

Kalsel

Belum Terungkap, Misteri Kebakaran Kontainer di Pelabuhan Trisakti
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Kalsel Tambah 69 Kasus Positif Covid-19, 34 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Ketuk Pintu Warga, Bhabinkamtibmas Aipda Sani Salurkan Bantuan Beras
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Penyalahgunaan, DPRD Banjarmasin Dorong Penerapan E-Budgeting
apahabar.com

Kalsel

Bertambah 4 Positif Covid-19 di Tapin, Semuanya Anak-Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com