VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Special Edition, Lapas Barabai Beri Tambahan Durasi Besuk

- Apahabar.com Rabu, 5 Juni 2019 - 14:49 WIB

Special Edition, Lapas Barabai Beri Tambahan Durasi Besuk

Pengunjung atau kerabat yang menunggu salah satu WBP di balik jeruji besi Lapas Kelas IIB Barabai, pagi tadi. Foto-apahabar.com/Hawari

apahabar.com, BARABAI – Memasuki Hari Raya Idulfitri 2019, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), memberikan ekstra waktu kunjungan untuk para pengunjung atau keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kebijakan itu, Kepala Lapas, Agus Supriyanto mengatakan, dimulai pada 2 Syawal atau pada Kamis 6 Juni sampai 8 Juni 2019.

“Spesial edition, biasanya (durasi kunjungan, Red) 15 menit, namun untuk lebaran ini akan kami berikan waktu 30 menit per sesi,” ujar kalapas saat ditemui apahabar.com usai Salat Id berjemaah di Lapas, Rabu, (5/6) pagi.

Adapun waktunya, lanjut Kalapas, kunjungan itu nantinya di bagi menjadi 2 sesi. “Pagi Pukul 08.00 sampai 11.30 dan siang pukul 14.00 sampai 16.30,” kata kalapas.

Selain itu, dirinya mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dan melengkapi sarana dan prasarana. Bahkan pihaknya sudah melakukan rekayasa terkait kunjungan.

“Tempat kunjungan representatif, semoga mengobati rasa kangen WBP, bisa berkumpul dengan keluarganya,” jelas Agung.

Sebelumnya, suasana haru Idulfitri 2019 juga dirasakan oleh warga binaan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Usai mengikuti Salat Id berjemaah Rabu pagi di lapangan bagian dalam Lapas, mereka tak kuasa menahan tangis dan melakukan sujud syukur.

Pantauan apahabar.com, seusai salat Subuh mereka telah bersiap-siap untuk salat berjamaah. Hingga pukul 06.00 satu per satu WBP keluar dari blok masing-masing. Kemudian mereka berkumpul di lapangan bagian depan di dalam Lapas itu.

Satu-per satu WBP mengisi saf kosong. Hingga salat dimulai saf itupun dipenuhi WBP. Tampak bagian depan diisi oleh pagawai Lapas. Tak ada WBP perempuan dan anak-anak di Lapas itu.

Walau di balik tembok dan jeruji besi, para WBP dan pegawai Lapas, khusyuk menjalani salat setahun sekali itu.

Hingga salat selesai, dilanjutkan oleh khatib yang membawakan tausiah penyejuk hati. Di samping itu pula Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Barabai, Agung Supriyanto memberikan motivasi kepada 234 WBP dan membacakan sejumlah WBP yang mendapakan remisi di hari raya Idul Fitri.

“Jangan bersedih, inilah kita. Saya pun tak dapat berkumpul keluarga. Kita jalani sama-sama, tetap istiqomah menjalani ketentuan yang telah ditetapkan,” kata Agung, Rabu (5/6).

Baca Juga: Idul Fitri 2019: Lapas Teluk Dalam Bebaskan Belasan Napi

Baca Juga: Diganjar Remisi, Napi Lapas Barabai Sujud Syukur Balik Tembok Jeruji

Reporter: AHC011
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

“Hutan segala Rindu”, Sebuah Napas Bagi He Benyamine
apahabar.com

Kalsel

Uji Nasionalisme, Polisi di Banjarmasin Kibarkan Bendera di Tengah Jalan
apahabar.com

Kalsel

Drainase Depan Terminal Bandara Kerap Terendam, Jihan Langsung Tinjau Lokasi
apahabar.com

Kalsel

Posyandu Mawar Wakili HST Ajang Provinsi  

Kalsel

Bentrok di Pesta Pernikahan, Dua Pria di Martapura Mandi Darah
apahabar.com

Kalsel

Heli Water Bombing BNPP Kalsel Padamkan Api di Gunung Raja
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Damkar Tabalong Tangkap Ular Kobra di Rumah Warga
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa China, Korban Hoaks Corona Dapat Pendampingan Psikis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com