Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Tahun Ini, Kepemilikan KIA di Tanah Bumbu Ditarget 100 Persen

- Apahabar.com Rabu, 26 Juni 2019 - 15:25 WIB

Tahun Ini, Kepemilikan KIA di Tanah Bumbu Ditarget 100 Persen

Anak-anak sekolah di Tanah Bumbu memamerkan KIA. Foto–Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Sejak diluncurkan pada November 2017, kepemilikan Kartu Indonesia Anak (KIA) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah mencapai 80 persen. Angka ini membuat Kabupaten Tanbu berada di posisi 15 besar kepemilikan KIA dari 100 daerah lain di Indonesia.

“Kita terus upayakan agar masyarakat sadar administrasi. Kita targetkan tahun ini sudah 100 persen,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Des Rizal RRD, kepada apahabar.com, Rabu (26/6/2019).

KIA wajib dimiliki anak yang berusia 0 tahun sampai dengan 17 tahun kurang satu hari. Untuk memudahkan kepengurusan KIA, pihaknya juga sudah membuka layanan via online yakni melalui pesan WhatsApp. Melalui aplikasi itu, kata Rizal, masyarakat dapat bertanya langsung terkait persyaratan, jadwal pelayanan keliling, dan pertanyaan lain terkait KIA.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dari 514 kabupaten/kota, baru 110 Kabupaten/kota yang sudah menerbitkan kartu bagi anak di bawah 17 tahun.

Selain sebagai identitas anak sebelum menginjak usia 17, KIA juga bisa digunakan untuk menabung di Bank dan membuat paspor. Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA pada April 2017, tercatat sudah 10 juta anak Indonesia yang memegang kartu tersebut.

Des Rizal menjelaskan syarat membuat KIA yaitu warga membawa berkas Fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy akta kelahiran anak, fotocopy KTP-el kedua orang tua, fotocopy kartu golongan darah anak, dan foto 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar bagi anak 5 tahun ke atas. Sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun tidak perlu disertai foto.

Sementara untuk penerbitan KIA yang hilang atau rusak, syarat yang harus dibawa yaitu surat keterangan KIA hilang dari polisi, dan membawa fotocopy kartu keluarga.

Baca Juga: Pencegahan Stunting, Tanbu Jadi Salah Satu Daerah Terbaik

Baca Juga: Bagi Pejabat Tanbu yang Ingin Naik Pangkat, Ini Syaratnya

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pencegahan Stunting, Tanbu Jadi Nomor 1 di Kalsel
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Warga Minta Segera Perbaiki Traffic Light Rusak
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kadis Kominfo Tanbu Minta Netizen Bijak Bermedsos
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kunjungi Tanbu, Kepala BKN Regional VIII Kalimantan Bahas Masalah Ini
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Covid-19, Tanbu Tambah 3 Posko Pemeriksaan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jalan-jalan ke Gunung Mayang, Objek Wisata yang Sedang Hits di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Blanko Sudah Tersedia, Masyarakat Tanbu Sudah Bisa Cetak e-KTP
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Imbau Masyarakat Bayar Pajak Tepat Waktu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com