apahabar.com
: Bupati HST, HA Chairansyah dan istri H Ernawati Chairansyah foto bersama anggota Sanggar Sanggar Bima Cili sebelum mengikuti Event Gelar Tari Remaja 2019 di Gedung Kesenian Jakarta. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H A Chairansyah dan istri, H Ernawati Chairansyah melepas Sanggar Bima Cili Desa Tatah Barikin Kecamatan Haruyan untuk mengikuti event Gelar Tari Remaja 2019. Event itu bakal digelar pada 4 hingga 5 Juli 2019 di Gedung Kesenian Jakarta.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, para pegiat seni terutama seni tari di HST lebih dikenal masyarakat luas,” harap Bupati saat melepas sanggar itu di Lapak Dwi Warna Barabai, Minggu (30/06/2019).

Baca Juga: Minim Persiapan, Tari Lalakun Kati Sabet Juara II Pesona Budaya Banjar

Dia sangat yakin warga Bumi Murakata sangat peduli dengan kesenian. Untuk itu, dia menghimbau masyarakat untuk mengembangkan putra-putri daerah yang potensial dan peduli terhadap seni. Seperti apa yang diraih Sanggar Bima Cili Tatah Barikin yang bisa mewakili Kalsel pada ajang tingkat Nasional.

apahabar.com
Bupati HST, HA Chairansyah dan istri H Ernawati Chairansyah melepas anggota Sanggar Sanggar Bima Cili untuk mengikuti Event Gelar Tari Remaja 2019 di Gedung Kesenian Jakarta. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

Atas nama Pemerintah Kabupaten HST, Chairansyah merasa bangga ada warga Banua dari daerahnya bisa tampil pada event Nasional yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara penggarap seni tari itu, Anshari mengatakan, Tari Malamang Aruh yang dibinanya bersama tim, terdiri dari 6 orang penari dan 7 orang pemusik ditambah 1 orang pimpinan sanggar. Event itu nantinya diikuti 33 provinsi se Indonesia.

“Jadi salam event itu seni tari remaja yang akan ditampilkan mengangkat seni budaya dan adat masing masing daerah,” kata Anshari.

Dikatakan Anshari, Tari Malamang Aruh diangkat sebagai simbol Aruh Adat di Meratus yang hingga kini masih dilestarikan. Tarian itu dianggkatnya, karena ada nilai nilai kegotong-royongan dan kebersamaan yang selalu terjaga.

Baca Juga: Jelang HUT Bhayangkara, Polda Kalsel Gelar Lomba PCB dan PKS

Reporter: Ahc 11
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin