MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Terancam Dicopot, Kadisdik akan Panggil Kepsek dan Tim Manajemen Keuangan BOS se-Kalsel

- Apahabar.com Senin, 17 Juni 2019 - 14:08 WIB

Terancam Dicopot, Kadisdik akan Panggil Kepsek dan Tim Manajemen Keuangan BOS se-Kalsel

Ket: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Gubernur Cup. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca mendapatkan kritikan pedas dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait temuan Badan Pemeriksaan (BPK) Republik Indonesia (RI) di sektor pendidikan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berencana ‘mencopot’ jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) terkait.

Mendengar teguran dari orang nomor satu di Kalsel itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Yusuf Effendi hanya bisa pasrah sembari berjanji akan memperbaiki temuan dari BPK RI tersebut.

“Jadi kan itu tergantung Gubernur,” ucap Yusuf Effendi kepada apahabar.com, Minggu (16/6).

Namun, Yusuf ingin menyampaikan beberapa hal terkait hasil audit BPK RI. Pertama, terkait pengelolaan kas di sekolah-sekolah, pihak acap kali melakukan pembinaan, arahan dan berbagai macam pertemuan dengan para pengelola kas sekolah terkait dana BOS dan BOSDA.

“Tapi ternyata kan masih ada kelemahan. Kita juga telah mengagendakan untuk memanggil semua kepala sekolah dan pengelola kas sekolah. Dengan tujuan diberikan pencerahan dan pembekalan agar pengelolaan kas sekolah lebih mantap lagi,” cetusnya.

Begitu jua, sambung dia, terkait peningkatan tim manajemen keuangan BOS dan BOSDA. Pihaknya juga akan mengadakan pertemuan melalui rapat koordinasi dan optimalisasi peran tim manajemen BOS serta para pemangku kepentingan.

“Jadi ada pertemuan antara tim manajemen dan pemangku kepentingan terkait BOS dan BOSDA di Kalsel,” tegasnya.

Padahal, tegas dia, upaya itu sudah sering dilakukan. Namun, ingin lebih memaksimalkan dikarenakan adanya catatan dari BPK RI tersebut.

“Ini akan terus berjalan. Semoga dengan upaya yang optimal. Yang jelas, kita sudah menindaklanjutinya. Semoga secara riil dan faktual pengelolaan kas dan manajemen keuangan semakin baik,” harapnya.

“Semua bidang bisa membaca persoalan tersebut. Sayangnya, di bidang masih lemah, sehingga harus dalam komando kita,” tutupnya.

Sebelumnya, setelah mendapatkan peringatan dalam rapat paripurna bersama Anggota DPRD Kalsel, Gubernur H Sahbirin Noor coba mengambil sikap. Ia menghebuskan rencana melakukan pergantian kepala Dinas Pendidikan.

“Saya minta juga SKPD, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan masukan saran tadi, segera diperbaiki itu sebuah catatan penting,” kata Gubernur, Sahbirin Noor menaggapi keritikan legislator saat rapat paripurna, Kamis (13/06/2019) lalu.

“Harus siap kalau tidak siap, siap-siap. Iya kalau tidak siap, siap-siap diganti maksudnya. Kalau ada yang lebih bagus kita cari yang lebih bagus,” seloroh Gubernur yang kerap disapa Paman Birin ini.

Dalam catatan BPK RI, Pemprov Kalsel mendapat catatan penguatan pengelolaan kas di sekolah-sekolah, melalui koordinasi antar SKPD terkait, dan meningkatan peran Tim Manajemen BOS dan BOSDA.

Baca Juga: Asisten I Pemprov Kalsel Berikan Arahan pada Pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional

Baca Juga: Gubernur Kalsel Sebut Banjir di Tanbu Tidak Termasuk Daerah Usulan Calon Ibu Kota Baru

Baca Juga: Gubernur Kalsel Umbar Janji Copot Jabatan Kadis ESDM, Kenapa?  

Baca Juga: Pemprov Kalsel Rekomendasikan Dana Pilkada 2020 Rp 210 Miliar

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Meneladani Perjuangan Tentara ALRI 17 Mei 1949
apahabar.com

Kalsel

SOTR Ala Kalsel Mengaji
apahabar.com

Kalsel

Tilap Puluhan Juta dan Ngaku Bisa Hilang, Dukun Palsu di Banjarbaru Diciduk
Covid-19

Kalsel

Positif Covid-19 di Banjarmasin Cakup 30 Persen Kelurahan
apahabar.com

Kalsel

HA Chairansyah Resmi Jabat Bupati HST
apahabar.com

Kalsel

Jokowi Menang di Kalsel, Mardani H Maming Digadang Menteri
Mau Punya Momongan? Ikuti Bedah Buku 'Mimpi yang Sempurna'

Kalsel

Mau Punya Momongan? Ikuti Bedah Buku ‘Mimpi yang Sempurna’
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Batola: Transmisi Lokal Kluster Gowa Tambah Pasien Positif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com