Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru

ULM Buka Penerimaan Jalur Mandiri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Paling Diminati

- Apahabar.com     Rabu, 26 Juni 2019 - 08:12 WITA

ULM Buka Penerimaan Jalur Mandiri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Paling Diminati

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin telah membuka penerimaan melalui jalur mandiri. Sebelumnya dijadwalkan 10 Juni namun karena mengalami kendala akhirnya dibuka pada 14 Juni lalu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Aminuddin Prahatama Putra mengatakan, pendaftaran tidak jauh berbeda dengan jalur sebelumnya yaitu dilakukan secara online.

Baca Juga: Resah, 15.766 Peserta Tidak Lolos SBMPTN ULM

“Sama seperti SNMPTN atau SBMPTN, untuk jalur mandiri juga secara online yang berbeda ini daftar dulu baru ikut tes. Tinggal buka di web https://admisi.ulm.ac.id, lalu ikuti semua langkahnya,” kata Amin kepada apahabar.com, Selasa (25/6) Sore.

Tahun ini, ULM menargetkan 8 ribu peserta untuk jalur mandiri. Dari rekapitulasi peserta admisi 2019 per 25 Juni yang apahabar.com terima, total peminat sementara adalah sebanyak 2122 pendaftar. Peminat terbanyak dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu sebanyak 447 peserta, sedangkan Fakultas Kehutanan hanya memiliki 19 peminat.

“Saya selalu meminta laporan setiap jam 6 sore untuk mengecek jumlah pendaftar setiap harinya,” ujarnya.

Sama seperti seleksi penerimaan sebelumnya, pada jalur mandiri peserta diwajibkan mendaftarkan diri melalui situs resmi Admisi ULM 2019.

Perihal persyaratan khusus, Amin mengatakan memang ada beberapa fakultas yang memberikan syarat tertentu. Namun secara umum, secara menyeluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus harus menjalani tes bebas narkoba.

“Seperti prodi Olahraga atau Sendratasik harus ada portofolio atau tes keterampilan. Sementara untuk prodi kedokteran ada tes psikologi dan semacamnya. Aturan utama tetap bebas dari narkoba,” paparnya.

Menariknya, tahun ini ULM membuka jalur prestasi bagi Hafiz Al-Quran 30 Juz tanpa melalui tes Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK). Dengan persyaratan memiliki sertifikat dan terdaftar pada portal admisi.

“Kami akan mendatangkan ustadz dari beberapa pondok pesantren, sejauh ini sudah ada 2 orang yang mendaftar,” katanya.

Dari jadwal yang tertera, peserta SBMPTN yang tidak lolos dan ingin mendaftarkan diri melalui jalur mandiri hanya memiliki kesempatan tiga hari setelah pengumuman resmi nantinya. Amin menghimbau calon peserta harus memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Baca Juga: Kemendikbud Diminta Kaji Kembali Sistem Zonasi PPDB

“Di pertengahan bulan akan ada beberapa tes yang dilakukan. Jadi tidak serta merta langsung lulus, tahapan seleksinya masih panjang,” tuturnya.

Reporter: AHC09
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alumni Akpol 91 Polda Kalsel Salurkan 1000 Paket Sembako untuk Warga
Imbas Corona, Perayaan Nyepi di Pura Banjarbaru Benar-benar Sepi

Kalsel

Imbas Corona, Perayaan Nyepi di Pura Banjarbaru Benar-benar Sepi
apahabar.com

Kalsel

Proyeknya Ancam Nyawa Warga, Manajemen Duta Mall Minta Maaf
apahabar.com

Kalsel

Kemenkumham Kalsel Bekali Pemahaman Peran Notaris
apahabar.com

Kalsel

Siang dan Malam Ini, BMKG Prakirakan Kandangan Diguyur Hujan Disertai Petir
dana hibah KONI

Kalsel

Eks Ketua dan Sekretaris KONI Banjarmasin Dituntut 5 Tahun Penjara

Kalsel

Sikapi Kasus Banjarhits, AJI: Polisi Harus Taat Putusan Dewan Pers
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Oli Bekas Cemari Sungai di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com