Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Warga Nikmati Libur Lebaran di Pantai Tanah Kuning Kalimantan Utara

- Apahabar.com Sabtu, 8 Juni 2019 - 10:35 WIB

Warga Nikmati Libur Lebaran di Pantai Tanah Kuning Kalimantan Utara

Suasana warga yang sedang menikmati libur lebaran di Pantai Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Foto-Antara.

apahabar.com, TANJUNG SELOR – Sebagai provinsi termuda di Kalimantan, Kalimantan Utara punya destinasi wisata yang menarik jika dikunjungi saat momen libur lebaran seperti sekarang ini. Salah satunya pantai Tanah Kuning, Bulungan.

Pantai Tanah Kuning merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer. Pantai tersebut berada di Pulau Derawan, tepatnya di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Secara geografis Kabupaten Bulungan berbatasan dengan beberapa wilayah. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Nunukan, sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Pulau Tarakan. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Berau, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kota Malinau.

Ada berbagai alternatif jalan menuju ke sana, darat, laut atau melalui sungai. Jika dari Tanjung Selor, maka dapat menggunakan kendaraan roda empat atau bisa pula melalui Sungai Kayan dengan menggunakan speed boat. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2-3 Jam.

Lantas, jika dari kota Tarakan dan Kabupaten Berau, maka naik kapal bermotor atau speed boat melalui laut. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Namun jika ingin lebih cepat sampai tujuan, maka bisa naik pesawat terbang perintis dan dalam waktu sekitar 15 menit.

Pada Sabtu (08/06/2019) pagi, dikutip dari Antara, terlihat wisatawan memadati obyek wisata bahari dan pantai itu.

Semua pengunjung menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat, mengingat belum ada angkutan umum dari Tanjung Selor ke Pantai Tanah Kuning.

Potensi wisata bahari cukup panjang melintasi beberapa desa di kawasan Mangku Padi dan Tanah Kuning cukup menjanjikan.

Selain keindahan pantai pasir putih, potensi bagi pengembangan wisata bahari karena bisa dijangkau melalui jalur darat dari Tanjung Selor.

Beberapa tahun silam, jika ingin ke pantai warga Bulungan harus melalui jalur laut yang butuh waktu dan biaya lebih besar.

Potensi lain sehingga warga senang ke kawasan itu karena tersedia berbagai jenis ikan dengan harga lebih murah ketimbang Tanjung Selor.

“Meski memiliki potensi bagus, namun pemerintah daerah belum menggarapnya untuk pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pariwisata,” demikian tulis Antara.

Misalnya, di kawasan yang sangat indah saat pagi hari karena pantainya menghadap matahari terbit belum memiliki fasilitas umum memadai.

Di beberapa kawasan, WC umum dan kamar ganti pakaian dibangun sendiri oleh warga seadanya.

Baca Juga: Semangat Kerja Usai Libur Lebaran, Ini Caranya

Baca Juga: AirNav: Balon Udara Liar Bahayakan Keselamatan Penerbangan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sampai Ada Vaksin, Masyarakat Diminta Hidup Berdamai dengan Covid-19 
apahabar.com

Nasional

Peneliti Coba Mengungkap Sejarah Nusantara
apahabar.com

Nasional

Berat Turun! Intip Kondisi Terkini Titi Wati
apahabar.com

Nasional

WNA Mulai Dilarang Masuk ke Indonesia, Simak Ketentuannya
apahabar.com

Nasional

Lima Indikator Kemenangan Jokowi-Ma’ruf Ala Indo Barometer
apahabar.com

Nasional

Hindari Kontak Senjata, Ribuan Warga Nduga Mengungsi
apahabar.com

Nasional

Ketua Umum Apkasi Bangga Nasionalisme Warga Banyuwangi
apahabar.com

Nasional

Tsunami Menyapu Keceriaan Malam Minggu di Sekitar Selat Sunda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com