Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Waspada Penyakit Pasca Banjir

- Apahabar.com Selasa, 18 Juni 2019 - 05:30 WIB

Waspada Penyakit Pasca Banjir

Waspada penyakit pasca banjir. Foto-Radar Jambi 

apahabar.com, SAMARINDA – Walau banjir sudah mulai reda, masyarakat tetap diminta meningkatkan kewaspadaan akan penyakit.

DPRD Provinsi Kalimantan Timur mengingatkan kepada masyarakat kota Samarinda dan sejumlah kabupaten/ kota lainnya di Kaltim yang telah menjadi korban banjir untuk selalu waspada terhadap penyebaran penyakit meskipun saat ini kondisi banjir berangsur telah surut.

Anggota DPRD Kaltim, Siti Qomariah kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan bahwa kondisi pasca-banjir tetap harus menjadi perhatian masyarakat khususnya terkait masalah kesehatan.

Pasalnya, lanjut Qomariah bahwa kedatangan air dalam sekala besar yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah, tidak menutup kemungkinan juga telah membawa virus dan bakteri yang imbasnya bisa mengganggu kesehatan manusia.

“Namanya banjir, sampah dan kotoran juga ikut terbawa arus air, dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi penyakit, inilah yang harus diantisipasi oleh masyarakat,” jelasnya seperti ditulis Antara.

Sebagai politikus perempuan, Qomariah tidak segan mengingatkan kepada para Ibu Hamil dan orang tua yang mempunyai anak untuk waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang sudah mulai muncul di sejumlah lokasi banjir.

“Selain diri sendiri harus menjaga kesehatan, banyaknya keluhan ISPA harus menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah untuk mencegah menyebarnya virus tersebut. Anak-anak umumnya rentan terserang begitu pula bahannya ISPA bagi ibu hamil,” katanya.

Politikus PAN ini juga mengungkapkan kekhawatirannya jika penyebaran virus masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan mengingat kondisi lembab yang ada akibat banjir.

Selain ISPA, beberapa keluhan warga seperti stres, hipertensi, alergi dan beberapa penyakit lain juga perlu menjadi perhatian.

“Senantiasa menjaga kebersihan, menjaga pola makan dan selalu berupaya mengutamakan hidup sehat sangat diperlukan. Posko banjir yang bekerja sama dengan pemerintah saya fikir masih diperlukan meski banjir sudah surut, setidaknya posko bisa terus membuka layanan kesehatan bagi warga untuk beberapa hari ke depan mengingat banjir yang terjadi kali ini cukup parah,” sebut Qamay, sapaan akrab Siti Qomariah.

Baca Juga: Berangsur Surut, Pemkot Perpanjang Status Darurat Banjir Samarinda

Baca Juga: Gafur Jamin Masyarakat PPU Dukung Pelaksanaan PSN

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Penajam Agendakan Tes Urine Dadakan Seluruh Pegawai
apahabar.com

Kaltim

Korban Terakhir Ledakan Kapal Bermuatan Elpiji Ditemukan
apahabar.com

Kaltim

Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Baqa, Kepala Dinas Pasar Samarinda Ditahan
apahabar.com

Kaltim

Pemprov Kaltim Evaluasi Penerima Beasiswa ke Rusia
apahabar.com

Kaltim

14 Hari Mengungsi, Korban Rusuh di Penajam Mulai Dipulangkan

Kaltim

Demo Pabrik Semen Ricuh, Polisi dan Mahasiswa Sama-Sama Dilarikan ke RS

Kaltim

Pembatalan Pencalonan Bupati Kukar, KPU Siap Panggil Edi Damansyah
apahabar.com

Kaltim

Tambah 210 Kasus, Total Positif Covid-19 di Kaltim 11.047 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com