Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Waspada Penyakit Pasca Banjir

- Apahabar.com     Selasa, 18 Juni 2019 - 05:30 WITA

Waspada Penyakit Pasca Banjir

Waspada penyakit pasca banjir. Foto-Radar Jambi 

apahabar.com, SAMARINDA – Walau banjir sudah mulai reda, masyarakat tetap diminta meningkatkan kewaspadaan akan penyakit.

DPRD Provinsi Kalimantan Timur mengingatkan kepada masyarakat kota Samarinda dan sejumlah kabupaten/ kota lainnya di Kaltim yang telah menjadi korban banjir untuk selalu waspada terhadap penyebaran penyakit meskipun saat ini kondisi banjir berangsur telah surut.

Anggota DPRD Kaltim, Siti Qomariah kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan bahwa kondisi pasca-banjir tetap harus menjadi perhatian masyarakat khususnya terkait masalah kesehatan.

Pasalnya, lanjut Qomariah bahwa kedatangan air dalam sekala besar yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah, tidak menutup kemungkinan juga telah membawa virus dan bakteri yang imbasnya bisa mengganggu kesehatan manusia.

“Namanya banjir, sampah dan kotoran juga ikut terbawa arus air, dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi penyakit, inilah yang harus diantisipasi oleh masyarakat,” jelasnya seperti ditulis Antara.

Sebagai politikus perempuan, Qomariah tidak segan mengingatkan kepada para Ibu Hamil dan orang tua yang mempunyai anak untuk waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang sudah mulai muncul di sejumlah lokasi banjir.

“Selain diri sendiri harus menjaga kesehatan, banyaknya keluhan ISPA harus menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah untuk mencegah menyebarnya virus tersebut. Anak-anak umumnya rentan terserang begitu pula bahannya ISPA bagi ibu hamil,” katanya.

Politikus PAN ini juga mengungkapkan kekhawatirannya jika penyebaran virus masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan mengingat kondisi lembab yang ada akibat banjir.

Selain ISPA, beberapa keluhan warga seperti stres, hipertensi, alergi dan beberapa penyakit lain juga perlu menjadi perhatian.

“Senantiasa menjaga kebersihan, menjaga pola makan dan selalu berupaya mengutamakan hidup sehat sangat diperlukan. Posko banjir yang bekerja sama dengan pemerintah saya fikir masih diperlukan meski banjir sudah surut, setidaknya posko bisa terus membuka layanan kesehatan bagi warga untuk beberapa hari ke depan mengingat banjir yang terjadi kali ini cukup parah,” sebut Qamay, sapaan akrab Siti Qomariah.

Baca Juga: Berangsur Surut, Pemkot Perpanjang Status Darurat Banjir Samarinda

Baca Juga: Gafur Jamin Masyarakat PPU Dukung Pelaksanaan PSN

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Longsor di Bawah Jembatan Mahkota 2, Pemancing Samarinda Menghilang
apahabar.com

Kaltim

Fix, Jumlah DPT di Pilwali Samarinda 576.981 Pemilih
apahabar.com

Kaltim

Dewan Kaltim: Pemerintah Harus Serius Tangani Jalan Trans Kalimantan
apahabar.com

Kaltim

Belajar Menangkal Hoaks bersama Google dan AJI Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Ramai-Ramai Dorong Percepatan Status Hutan Adat Mahulu
apahabar.com

Kaltim

Tips Terhindar Banjir Kala Menuju Bandara Samarinda
Begal

Kaltim

Begal Kembali Beraksi, Seorang Wanita Ditemukan Terkapar di Jalan
Cabul

Kaltim

Korban Kakek Cabul di Balikpapan Bertambah, Terungkap Payudara Empat Anak Lain Juga Diremas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com