Akhir Pekan Ini, Wisata Siring Banjarmasin Resmi Ditutup Lagi Dokter Kalsel Gugur karena Covid-19, IDI: Sudah 55 Terjangkit! Ibunya Reaktif Tes Covid-19, Bayi di Banjarmasin Meninggal Dunia Rapid Test di Banjarmasin Rp 500 Ribu, Dinkes Siapkan Sanksi Klarifikasi Oknum Dokter Banjarbaru Dugaan KDRT Istri Pertama




Home Kalsel

Minggu, 9 Juni 2019 - 18:25 WIB

Wisata Religi, Destinasi Pilihan Umat Muslim Kalsel

Redaksi - Apahabar.com

Geliat peziarah di Makam Sultan Suriansyah. Foto-apahabar.com/AHC09

Geliat peziarah di Makam Sultan Suriansyah. Foto-apahabar.com/AHC09

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki hari terakhir libur Lebaran, tidak hanya pusat perbelanjaan dan taman wisata yang ramai dipadati oleh pengunjung. Tapi beberapa wisata religi pun menjadi destinasi wajib bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu berziarah ke makam-makam alim ulama.

Pantauan apahabar.com di Makam Sultan Suriansyah, Minggu (9/6) Sore, puluhan pengunjung tampak khusyuk memanjatkan doa di area makam.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Datu Surgi Mufti

“Memang biasanya ramai saat pagi atau setelah Ashar. Terutama hari minggu, hari-hari besar keagamaan, juga saat acara-acara haul seperti Guru Sekumpul, Datu Kalampayan atau Habib Basirih,” ucap salah satu pengurus Makam Sultan Suriansyah, Hj Ahmad Syairani

Syairani mengatakan, pengunjung yang datang tidak hanya warga Banjarmasin tapi juga dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, bahkan adapula yang berasal dari luar Kalimantan.

Baca juga :  Prihatin, Bantuan untuk Korban Kebakaran di Alalak Utara Disalurkan

“Yang datang lebih sering rombongan dari luar kota, biasanya tujuan mereka tidak cuma di sini saja,” kata pria paruh baya ini.

Senada dengan ucapan Syairani, salah satu pengunjung asal Astambul, Pardaniah mengatakan ia dan rombongan sengaja memanfaatkan momen libur lebaran kali ini dengan berwisata religi.

Baca Juga: Jemaah Haul Datuk Kelampayan Larut dalam Lantunan Syair ‘Maulid Sekumpul’

“Rombongan ada 16 orang sengaja kami sewa satu mobil besar untuk keliling ziarah. Tadi sudah singgah ke makam Guru Sekumpul, Habib Basirih, lalu kesini,” tutur ibu satu anak ini.

Syairani menyampaikan, kegiatan ziarah terdiri dari pembacaan doa-doa pendek, Selawat hingga Tahlil. Sisanya tergantung dari hajat masing-masing peziarah.

“Biasanya peziarah sudah paham tata caranya, kami hanya mengarahkan sisanya saja. Bacaan-bacaan tadi dihadiahkan kepada para Wali di sini,” ujarnya

Baca juga :  Bantu Ketahanan Pangan, Polda Kalsel Panen Ikan dan Sayur-Sayuran

Ia menambahkan selain berdoa, ada beberapa kegiatan individual lainnya yang biasanya dilakukan para peziarah.

“Ada beberapa peziarah yang minta iringi berdoa bersama petugas di sini, ada juga yang mandi atau membawa pulang air yang disediakan. Semuanya tergantung dari hajat apa yang mereka miliki, bisa soal karir, jodoh atau rezeki,” jelasnya

Baca Juga: Momen Libur Lebaran, Pengunjung Wisata Susur Sungai di Banjarmasin Meningkat

5 tahun bertugas sebagai pengurus Makam, pensiunan PNS ini mengatakan kegiatan ziarah seperti ini dapat meningkatkan nilai-nilai religius dan spiritual dalam kehidupan.

“Datang ke sini kan tujuannya baik dengan berdoa bisa melembutkan hati dan juga mengingatkan kita akan hari akhir,” tutupnya.

Reporter: AHC09
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jumat Siang, 8 Daerah di Kalsel Masuk Peringatan Dini BMKG
apahabar.com

Kalsel

Cegah Radikalisme, BNPT dan FKPT Rangkul Aparatur Kelurahan dan Desa

Kalsel

Pasca Tes SKD 2018, Banyak Formasi PNS di Banjarmasin Terancam Kosong
apahabar.com

Kalsel

Sikeudes Memudahkan Desa Buat APBDes
apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Pandemi Covid-19, Masterplan Pembenahan Kawasan Sekumpul Tetap Digenjot
apahabar.com

Kalsel

1 Juli, Polisi Kotabaru Gratiskan SIM untuk Warga
apahabar.com

Kalsel

2019, Fokus PPPA Tekan Angka Pernikahan Dini
Nestapa Ribuan Karyawan Hotel di Banjarmasin, Ada Kena PHK dan Dirumahkan

Kalsel

Nestapa Ribuan Karyawan Hotel di Banjarmasin, Ada Kena PHK dan Dirumahkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com