Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga

Wisata Religi, Destinasi Pilihan Umat Muslim Kalsel

- Apahabar.com Minggu, 9 Juni 2019 - 18:25 WIB

Wisata Religi, Destinasi Pilihan Umat Muslim Kalsel

Geliat peziarah di Makam Sultan Suriansyah. Foto-apahabar.com/AHC09

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki hari terakhir libur Lebaran, tidak hanya pusat perbelanjaan dan taman wisata yang ramai dipadati oleh pengunjung. Tapi beberapa wisata religi pun menjadi destinasi wajib bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu berziarah ke makam-makam alim ulama.

Pantauan apahabar.com di Makam Sultan Suriansyah, Minggu (9/6) Sore, puluhan pengunjung tampak khusyuk memanjatkan doa di area makam.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Datu Surgi Mufti

“Memang biasanya ramai saat pagi atau setelah Ashar. Terutama hari minggu, hari-hari besar keagamaan, juga saat acara-acara haul seperti Guru Sekumpul, Datu Kalampayan atau Habib Basirih,” ucap salah satu pengurus Makam Sultan Suriansyah, Hj Ahmad Syairani

Syairani mengatakan, pengunjung yang datang tidak hanya warga Banjarmasin tapi juga dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, bahkan adapula yang berasal dari luar Kalimantan.

“Yang datang lebih sering rombongan dari luar kota, biasanya tujuan mereka tidak cuma di sini saja,” kata pria paruh baya ini.

Senada dengan ucapan Syairani, salah satu pengunjung asal Astambul, Pardaniah mengatakan ia dan rombongan sengaja memanfaatkan momen libur lebaran kali ini dengan berwisata religi.

Baca Juga: Jemaah Haul Datuk Kelampayan Larut dalam Lantunan Syair ‘Maulid Sekumpul’

“Rombongan ada 16 orang sengaja kami sewa satu mobil besar untuk keliling ziarah. Tadi sudah singgah ke makam Guru Sekumpul, Habib Basirih, lalu kesini,” tutur ibu satu anak ini.

Syairani menyampaikan, kegiatan ziarah terdiri dari pembacaan doa-doa pendek, Selawat hingga Tahlil. Sisanya tergantung dari hajat masing-masing peziarah.

“Biasanya peziarah sudah paham tata caranya, kami hanya mengarahkan sisanya saja. Bacaan-bacaan tadi dihadiahkan kepada para Wali di sini,” ujarnya

Ia menambahkan selain berdoa, ada beberapa kegiatan individual lainnya yang biasanya dilakukan para peziarah.

“Ada beberapa peziarah yang minta iringi berdoa bersama petugas di sini, ada juga yang mandi atau membawa pulang air yang disediakan. Semuanya tergantung dari hajat apa yang mereka miliki, bisa soal karir, jodoh atau rezeki,” jelasnya

Baca Juga: Momen Libur Lebaran, Pengunjung Wisata Susur Sungai di Banjarmasin Meningkat

5 tahun bertugas sebagai pengurus Makam, pensiunan PNS ini mengatakan kegiatan ziarah seperti ini dapat meningkatkan nilai-nilai religius dan spiritual dalam kehidupan.

“Datang ke sini kan tujuannya baik dengan berdoa bisa melembutkan hati dan juga mengingatkan kita akan hari akhir,” tutupnya.

Reporter: AHC09
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Identitas Jasad Perempuan Tanpa Busana di S Parman Akhirnya Terkuak!
apahabar.com

Kalsel

DPO Kasus Sabu Ditangkap Satnarkoba Polres Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Fasilitas Keagamaan, Satgas TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu Rehab Musala Al Hidayah
apahabar.com

Kalsel

Sentral Antasari Tutup, Duta Mall Buka, Cuncung: Tak Boleh Tebang Pilih
apahabar.com

Kalsel

Heboh Video Diduga Tawuran di Banjarmasin Timur, Ini Kata Kapolsek
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kintap Gencar Sosialisasi Stop Pungli
apahabar.com

Kalsel

Simpan Sabu dalam Balon, Aksi Pengedar Ini Terendus Satresnarkoba Polresta Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Masif, Polres HSU Disiplinkan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com