Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

6 CJH Kloter 1 Tertunda Berangkat Haji

- Apahabar.com Selasa, 9 Juli 2019 - 12:35 WIB

6 CJH Kloter 1 Tertunda Berangkat Haji

Calon jemaah haji (CJH) atas nama Nirhayah tertuda berangkat pada kloter 1, karena menderita sakit dengan indikasi hipertensi. CJH dirujuk ke Rumah Sakit Banjarbaru pada Selasa sekitar pukul 11 siang. Sebelumnya diistirahatkan di Poliklinik Embarkasi Haji Banjarmasin. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Sebanyak 7 dari 6 calon jemaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) ditunda berangkat hari ini, Selasa (9/7/2019). Penyebabnya yakni masalah kesehatan dan satu di antaranya meninggal dunia.

“Saat proses masuk asrama, ternyata ada yang sakit dan ada yang meninggal jauh sebelum waktunya masuk ke asrama haji,” ucap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, H. Nor Fahmi kepada awak media.

Jemaah yang tidak dapat berangkat pada kloter 1, menurut Fahmi akan di mutasi ke kloter selanjutnya.

Kepada apahabar.com, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, Ruslan Fajar, memaparkan dua jamaah yang tidak bisa berangkat karena sakit dan mendapat rujukan yaitu atas nama Nihayah dan Maria asal HSS.

“Ibu yang satu ini (Maria) masuknya jam 12 malam, kita sudah kepepet waktu sedangkan HB nya belum naik. Baru transfusi satu kantong darah, minimal kan 2-3,” tuturnya.

Tidak hanya Maria, sang suami Achmad Murdiniansyah, memutuskan tidak berangkat pada kloter 1. Maria dirujuk ke RS Ratu Zaleha Senin malam dan keluar pada Selasa siang usai keberangkatan jamaah ke Bandara Syamsuddin Noor.

Kemudian jemaah atas nama Nirhayah dengan indikasi hipertensi, dirujuk ke Rumah Sakit Banjarbaru pada Selasa sekitar pukul 11 siang. Sebelumnya diistirahatkan di Poliklinik Embarkasi Haji Banjarmasin.

“Dia tidak bisa berangkat karena post-stroke. Datang awalnya muntah-muntah dan pusing. Setelah kompromi dengan keluarganya, suaminya sepakat untuk mendampingi orang tuanya,” jelas Ruslan.

Menurut Ruslan, pihaknya tetap mengupayakan agar jemaah yang dinyatakan tidak berangkat hari ini masih mempunyai kesempatan pada kloter berikutnya.

“Kita akan laporkan ke Kemenag, apakah nanti setelah fit bisa dicarikan seat di belakang akan menjadi kewenangan mereka,” imbuhnya.

Sedangkan tiga jemaah lainnya telah dinyatakan gagal berangkat saat tahap pemeriksaan di kabupaten/kota.

“Iya benar ada tujuh. Hari ini tiga yang gagal, sisanya kemarin waktu tahap di daerah,” ungkap Hidayaturrahman, Kasi Pembinaan Haji Dan Umrah membenarkan.

Baca Juga: Haji 2019; Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 6.056 Calon Jemaah Haji

Baca Juga: Paman Birin Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 1

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Senin, U-Turn Depan RSUD Ulin Ditutup
Nasrudin Dijerat, Para Pengikut Masuk Radar Tim Pakem

Kalsel

Nasruddin Dijerat, Para Pengikut Masuk Radar Tim Pakem
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Alalak Direnovasi, Jalur Truk Dipindah ke Jalan Lingkar Utara
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Massa Padati Jalan Jafri Zam-zam, Arus Lalin Ditutup Sementara
apahabar.com

Kalsel

Acungkan Keris di Depan Polisi, Pemuda Nekat di Marabahan Berusaha Melawan Saat Diamankan
apahabar.com

Kalsel

SMSI Kalsel Siap Tertibkan Media Siber
apahabar.com

Kalsel

Tari Japin Jadi Daya Tarik Peresmian RTH Pekauman di Banjar
apahabar.com

Kalsel

Tarawih Perdana, Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Padat Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com