Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Bangkitkan BUMDes, Balatmas Banjarmasin Latih SDM Desa Bartim

- Apahabar.com Senin, 1 Juli 2019 - 18:19 WIB

Bangkitkan BUMDes, Balatmas Banjarmasin Latih SDM Desa Bartim

Kadis PMD Barito Timur, Drs Hudaya H.S saat memberikan sambutan kepada peserta pelatihan pengelolaan BUMDes angkatan X yang dilaksanakan Balitmas Banjarmasin. Foto-Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Banjarmasin melaksanakan pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Angkatan X dan Masyarakat Hukum Adat Angkatan I dimulai 1 Juli sampai 6 Juli 2019 di Aula Balatmas Banjarmasin.

“Tujuan kami agar memberikan pengetahuan dan keterampilan serta perubahan sikap bagi masyarakat desa dalam mengembangkan aset dan potensi desa baik sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya buatan yang memiliki peluang ekonomi yang strategis,” beber Kasi Penyelenggara, Jafarudin Nasution kepada apahabar.com.

Dikemukakan Jafar, pelatihan akan dibagi dalam tiga sesi pelatihan kepada 40 peserta yang ikut. Sesi pertama akan difokuskan kepada bagaimana membentuk sebuah BUMDes sesuai dasar hukum. Sehingga bisa memudahkan kegiatan BUMDes.

Sesi kedua, menurutnya, akan dilakukan fokus tentang bagaimana pengelolaan BUMDes agar dapat berkembang dan berjalan dengan baik bukan sekedar membentuk.

“Nanti disesi ketiga akan kami fokuskan perihal pertanggung jawaban, karena ini berkaitan dengan uang negara sehingga perlu diberikan pemahaman tentang pertanggung jawaban agar pengelolaannya benar,” ujar Jafar.

Peserta pelatihan sendiri berasal dari Kabupaten Barito Timur, dari delapan Desa dengan perwakilan satu desa 5 orang. Dengan diadakannya pelatihan pengelolaan BUMDes ini Balatmas berharap masyarakat desa dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Drs Hudaya Husinsah mengatakan, bahwa selama ini BUMDes di tempatnya belum berjalan dengan baik. “Ada yang sudah jalan dan ada juga yang belum optimal,” ucapnya.

Diharapkannya, diikutkannya beberapa perwakilan desa pada pelatihan dapat mencari terobosan-terobosan menggali pengembangan ekonomi di desa, serta menggali potensi-potensi ekonomi yang ada.

“Agar bisa dikembangkan potensi yang ada. Saya melihat BUMDes ini kebanyakan bergerak pada simpan pinjam. Jangan sampai ada BUMDes yang tidak berjalan lalu dibekukan, saya belum tahu desa-desa mana yang berjalan dengan baik. Kita harapkan semua desa bisa dilatih untuk bisa mengikuti pelatihan pengelolaan BUMDes,” ucap Hudaya.

Hudaya mengatakan, pelatihan ini sebagai langkah peningkatan SDM masyarakat desa Barito Timur. Sehingga, pengelolaan itu dimulai dari SDM yang mumpuni.

“Kalau anggarannya ada tetapi SDM kurang, ya percuma juga. Jadi di awal ini kita ingin adanya peningkatan SDM, membuat nanti BUMDes itu bisa terkelola dengan baik dan bisa menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat desa,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemuda Mesti Pro Aktif Dorong Kemajuan Daerah

Baca Juga: Setelah Manasik, CJH Banjarmasin akan Gelar Salat Hajat

Baca Juga: Workshop BUMDes Tingkatkan Profesionalisme dalam Pengelolaan

Baca Juga: Wah, Ratusan Desa di Kaltara Sudah Miliki BUMDes dan 3 BUMasDes

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Stunting, Pemerintah Kalsel Gandeng Tokoh Lintas Agama
apahabar.com

Kalsel

Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal
apahabar.com

Kalsel

Dengar Keluhan Desa Binaanya, Simak yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Sejumlah Korban Copet Lapor ke Polsekta Banjarmasin Tengah
apahabar.com

Kalsel

Kelayakan Makanan di Pasar Belauran Martapura Diperiksa
apahabar.com

Kalsel

Pukau Penonton, 12 Sanggar Seni di Balangan Unjuk Kebolehan
apahabar.com

Kalsel

Resmi RSDI Banjarbaru Sementara Tolak Pasien Non Covid-19, Simak Alasannya
apahabar.com

Kalsel

Hujan Ringan Sejumlah Wilayah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com