BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Banyak Tulisan di Gelang Jamaah Haji, Ternyata Ini Fungsinya

- Apahabar.com Minggu, 21 Juli 2019 - 05:45 WIB

Banyak Tulisan di Gelang Jamaah Haji, Ternyata Ini Fungsinya

Gelang Untuk Jemaah Haji. Foto - MCH

apahabar.com, MADINAH – Agar mudah mengenali jamaah haji asal Indonesia mereka di berikan tanda-tanda pengenal khusus. Di antaranya gelang identitas jamaah, tas tempat barang dengan tulisan dengan tulisan jamaah haji Indonesia, seragam batik, serta ID-Card.

Dilansir Irham.co.id, terkait gelang identitas jamaah, mungkin kesannya norak, karena berbahan stainless steel. Dan tampak mencolok, karena keberadaannya tampak di lengan jamaah. Dan setiap jamaah haji Indonesia wajib mengenakan gelang tersebut. Dan jamaah semestinya memahami makna dan maksud yang tertera pada gelang identitas penanda jamaah haji tersebut.

Baca Juga: Ratusan Calon Jemaah Haji Tanbu Berangkat ke Banjarbaru

“Ke manapun jamaah pergi, maka gelang tersebut harus dibawa atau dipakai,” kata Kadaker Madinah, Akhmad Jauhari. Sebab, banyak informasi terdapat pada gelang sepanjang 20 centimeter (cm) dan tebal 1,2 milimeter (mm) itu.

Sedikitnya, ada tujuh informasi yang tertulis di gelang tersebut. Tujuannya agar mudah dikenali bila terpisah dari rombongannya. Dan itulah yang dilakukan petugas haji, ketika ada jamaah tersesat, mereka bisa menemukan pemondokan jamaah tersebut berdasarkan informasi dari gelang tersebut.

Pertama, pada gelang tersebut tertulis nama si pemakai. Misalnya, Fulanan binti fulan bin fulan. Intinya ada tiga suku kata tertulis pada gelang tersebut.

Kedua, nomor kloter dan asal embarkasi. Misalnya yang bersangkutan berada di kloter 10 dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Maka pada gelang tersebut akan tertulis Kloter 10 Embarkasi JKG.

Sementara itu untuk petugas haji yang tergabung pada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), maka pada gelang tersebut dapat tulisan ‘NK.’ Artinya adalah non-kloter. Hal ini dikarenakan petugas PPIH berangkat paling awal dan pulang paling akhir, dan tidak tergabung pada kelompok terbang tertentu.

Ketiga, nomor paspor jamaah. Dengan mudah dapat dilakukan pengecekan bila terjadi hal-hal tertentu pada jamaah.

Keempat, ada tulisan berbahasa Arab dengan latar belakang berwarna biru, yakni Al-Hajj al-Indunisi (Haji Indonesia).

Kelima, pada bagian setelah tulisan Arab tersebut terdapat bendera Indonesia, merah dan putih. Ini menunjukkan bahwa jamaah bersangkutan berasal dari Indonesia.

Keenam, ada tulisan JKT-1440H, yang maknanya adalah Jakarta tahun 1440H. jika dari embarkasi lain, akan tertulis SOC-1440 (Embarkasi Solo).

Baca Juga: Lepas 28 Personil Calon Jemaah Haji, Ini Pesan Kapolda Kalsel

Ketujuh, nomor maktab. Ini untuk menunjukkan nomor tenda saat jamaah berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) serta di Makkah.

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

ACT Berikan Penghargaan kepada “The Excocet”, Ellyas Pical
apahabar.com

Nasional

Pulihkan Daerah Aliran Sungai, Jokowi Ajak Warga Tanam Pohon
apahabar.com

Hukum

Ini Ancaman Hukuman Terhadap Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Nasional

Ladeni Tiga Puluhan Kali Swafoto di Duta Mall, Warga: Jokowi Pemimpin yang Ramah
apahabar.com

Nasional

Dipindah ke Lapas Salemba, Djoko Tjandra Jalani Isolasi Mandiri
apahabar.com

Nasional

Ketua KPK Firli Bahuri Dapat Sanksi Ringan, Berikut Penjelasan Dewas
apahabar.com

Nasional

Pelantikan Presiden dan Anggota DPR 2024 Memungkinkan di Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Brunei Darussalam Resmi Terapkan Hukuman Rajam Mati dan Amputasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com