Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Batas Indonesia-Malaysia di Sebatik Diukur Ulang

- Apahabar.com     Minggu, 14 Juli 2019 - 18:32 WITA

Batas Indonesia-Malaysia di Sebatik Diukur Ulang

Pengukuran ulang batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik dengan penjagaan ketat prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600 Modang bersama Tentara Diraja Malaysia (TDM), Minggu (14/7/2019). Foto – Antaranews.com

apahabar.com, NUNUKAN – Batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akhirnya diukur ulang oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) Indonesia dengan Jabatan Ukur dan Pemetaan (JUPEM) Malaysia untuk menyudahi polemik yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Dilansir Antara, pengukuran dan pengecekan serta pemetaan batas dua negara untuk menentukan batas terbaru dengan pengawalan ketat Kompi 1 Pulau Sebatik Satgas Pamtas Batalion Infanteri Raider 600 Modang dan Tentara Diraja Malaysia(TDM) pada Minggu (14/7/2019).

Baca Juga: Helikopter Angkut 3 WNA Jatuh di Lombok Tengah

Pengawalan dari Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG dipimpin Perwira Topografi Ltd Corp Topografi Hartoyo.

Prajurit pengamanan perbatasan kedua negara dilibatkan dalam pengawalan untuk mengecek posisi patok-patok perbatasan yang menjadi perebutan kedua negara.

Pengecekan yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari patok di wilayah Timur Pulau Sebatik hingga wilayah barat dengan melewati 10 patok kelanjutan dari program nasional dari Direktorat Topografi Mabes TNI.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG, Mayor Inf Ronald Wahyudi melalui pernyataan tertulisnya mengharapkan, kegiatan ini menjadi titik cerah batas negara Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik.

Baca Juga: Waspada, Kalsel Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

“Diharapkan dengan adanya pengukuran ulang ini akan dapat segera mempertegas batas negara yang selama ini di perdebatkan. Kami sebagai satuan yang sedang bertugas untuk menjaga perbatasan juga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal kedepanya,” kata Ronald.

Ia menegaskan, Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG berkewajiban melakukan pengamanan dan pengawalan bagi Tim BIG Indonesia.

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Empat WNI Menolak Dievakuasi dari Wuhan dan Tiga Lainnya Tak Penuhi Syarat Terbang

Nasional

Empat WNI Menolak Dievakuasi dari Wuhan dan Tiga Lainnya Tak Penuhi Syarat Terbang
Masjid Istiqlal

Nasional

Viral, Video Paduan Suara di Dalam Masjid Istiqlal
apahabar.con

Nasional

Ketika Wagub Hadi Semobil dengan Jokowi, Apa yang Dibicarakan?
apahabar.com

Nasional

Lebaran, Taliban Pilih Gencatan Senjata 

Nasional

Masa PPKM Penerbangan Internasional Masih Buka, Ini Alasannya
apahabar.com

Nasional

Gempa di Sulteng; Warga Panik Berlarian ke Gunung
apahabar.com

Nasional

Lawan Covid-19. G20 Luncurkan Inisiatif Percepat Akses Alat Kesehatan
IHSG

Nasional

IHSG Diramal Menguat Terbatas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com