Curi Susu Demi Keponakan, Perkara Remaja Banjarmasin Dihentikan Lewat Restorasi Justice Fakta Baru Pembacokan di SPBU Banjar, Tak Ada Duit yang Hilang Dear KPK! Jangan Sia-siakan Pengorbanan Kades Aisyah Kotabaru Anies Baswedan untuk Presiden 2024 Mulai Bergaung di Kalsel Diterjang Banjir Rob, Pemukiman Warga Pesisir Pantai Tala Porak Poranda

BI: Nasabah Jangan Khawatir Gangguan Sistem Bank Mandiri

apahabar.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengimbau nasabah Bank Mandiri tidak panik atau khawatir meski perseroan
- Apahabar.com     Sabtu, 20 Juli 2019 - 15:08 WITA

BI: Nasabah Jangan Khawatir Gangguan Sistem Bank Mandiri

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko di Medan, Sumatera Utara, Sabtu. Foto – Antara/Indra Arief Pribadi

apahabar.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengimbau nasabah Bank Mandiri tidak panik atau khawatir meski perseroan mengalami gangguan sistem. Sebab, perusahaan telah menjamin keamanan dana nasabah.

“Jangan khawatir bahwa Bank Mandiri ada aturan-aturan pemeliharaan sistem, dan bank-bank besar punya business continuity plan/BCP (rencana keberlanjutan bisnis). Jadi ada keberlangsungan operasi,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko di Medan, Sumatera Utara, seperti dilansir Antara, Sabtu (20/7/2019).

Onny menjelaskan sistem BCP biasanya dimiliki perusahaan dan organisasi yang memiliki data dan jumlah nasabah yang besar. Sistem tersebut untuk memastikan keberlangsungan bisnis dan operasi suatu perusahaan.

“Itu kan data nasabah selalu dipisah. Ketika satu masalah satu betul, sehingga koreksi lebih mudah,” kata Onny.

Bank Sentral juga meminta Mandiri memberikan informasi secepat mungkin kepada nasabah mengenai langkah penyelesaian yang telah dilakukan.

“Segera memberitahukan atau berkomunikasi kepada nasabah untuk memberikan perlindungan nasabah dan kepastian layanannya terjaga dan terkendali,” kata Onny.

Menurut Onny, bisnis sistem pembayaran yang melibatkan banyak nasabah harus memiliki ketahanan sistem operasinya dan terus memperkuat rencana cadangan untuk mendukung bisnis. Dengan begitu perbankan dapat sigap dan cepat untuk menjaga kualitas dan kontinuitas operasinya dalam situasi dan kondisi apapun.

“Hemat saya, masalah itu segera teratasi. Mengingat bank telah lakukan komunikasi kepada masyarakat,” ujar dia.

Pada Sabtu pagi ini, banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan gangguan sistem pembayaran melalui laman media sosial twitter. Secara umum, banyak nasabah Bank Mandiri yang mengeluhkan berubahnya saldo rekening mereka.

Terdapat nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi angka nol, serta tidak dapat melakukan penarikan.

Sementara, Bank Mandiri telah menyatakan tidak ada pengurangan saldo terkait gangguan sistem pembayaran itu. Gangguan itu terjari karena pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan.

“Kami pastikan rekening nasabah, aman,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Rohan menjelaskan proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem teknologi informasi ini telah berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.

Untuk itu, Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem teknologi informasi tersebut.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” katanya.

Baca Juga: Tak Bisa Cek via ATM, Nasabah Kembali Datangi Bank Mandiri Banjarmasin

Baca Juga: Kabar Saldonya Berkurang, Nasabah Ngacir ke Bank Mandiri

Sumber: Antara

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Selesai Umrah, Ribuan Jemaah Balik ke Tanah Air
Edhy Prabowo

Nasional

KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo
BPPTKG

Nasional

Kegempaan Meningkat, BPPTKG: Erupsi Gunung Merapi Menguat ke Arah Eksplosif
apahabar.com

Nasional

Pecahkan Rekor AARM 2018, TNI AD Masih Perkasa Se-Asia Tenggara
apahabar.com

Nasional

Transit Merkurius Usai, Siap-Siap Mengamati Gerhana Matahari Cincin
apahabar.com

Nasional

Satu Pasien Positif Covid-19 Dalam Kondisi Stabil
Kapolri

Nasional

Listyo Sigit Prabowo, Dari Ajudan Jokowi Menjadi Calon Kapolri

Nasional

BNN Gagalkan Penyelundupan Ganja 450 Kg di Bogor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com