Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Bupati HSS Keluarkan SK Siaga Karhutla

- Apahabar.com Selasa, 9 Juli 2019 - 16:09 WIB

Bupati HSS Keluarkan SK Siaga Karhutla

Tim dari BPBD HSS saat melakukan monitoring di daerah rawan karhutla. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Banjarbaru akan terjadi kemarau panjang Juni sampai dengan awal Oktober 2019.

Untuk mengantisipasi itu, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang siaga darurat Penanganan Kebakaran dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten HSS.

Baca Juga: BPBD Kalsel Ciduk Oknum Pembakar Lahan di Guntung Damar Banjarbaru

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol Kabupaten HSS, Efran MAP, Selasa (9/7/2019).

“Dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan bencana kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di kabupaten HSS, Bupati HSS mengeluarkan SK nomor 188.45/212/ KUM / 2019, tanggal 27 Juni 2019 lalu yang berisi tentang siaga Karhutla,” ujarnya.

Diterangkan Efran, untuk melaksanakan status siaga darurat tersebut dibentuk posko setiap kecamatan. Sementara untuk tingkat kabupaten dibentuk posko  lapangan dan posko pengendalian operasi.

apahabar.com

Kepala BPBD HSS Efran MAP di ruang kerjanya. Foto-apahabar.com

Dikatakannya, kebakaran hutan dan lahan ada di beberapa wilayah kecamatan yang berpotensi rawan terjadinya karhutla, disebabkan lahan tersebut hamparannya luas. Sebut saja Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan dan Kalumpang.

“Sedangkan Kecamatan Loksado dan Padang Batung hutannya sebagian digunakan masyarakatnya untuk bertani (behuma),” kata Efran.

Baca Juga: Cegah Karhutla Meluas, BPBD Tala Bangun Pos Siaga Darurat Bencana

Pihaknya selaku pemerintah daerah akan siaga terus, dan InsyaAllah responnya cepat. kemungkinan kemarau ini tidak terlalu menyebabkan parah karhutla.

“Pemerintah tidak bosan-bosannya mengimbau masyarakat agar waspada dan tidak melakukan pembakaran lahan yang berakibat kabut asap dan pencemaran lingkungan,” katanya.

Reporter : Simah
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

HSS Krisis Guru, Setiap Tahun Pensiun 100 Orang
apahabar.com

HSS

Kepala Sekolah di HSS Diminta Jalin Hubungan Baik dengan Kades
apahabar.com

HSS

Bahas Covid-19, Bupati HSS Video Conference dengan Gubernur
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Sambut Hangat Kunjungan Dua Ketua ‘Pengadilan’ dari Banjarmasin
apahabar.com

HSS

Update Pemungutan Suara, Partisipasi Pemilih di HSS Menggembirakan
apahabar.com

HSS

Perkuat Kemitraan, Pemkab HSS Jalin Silaturahmi dengan Wartawan
apahabar.com

HSS

Sambut Tim LBKS Di HSS, Achmad Fikry Gelar Ramah Tamah
apahabar.com

HSS

Tinjau TPA Baru, Bupati HSS Ingin Hilangkan Kesan Jijik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com