Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh LIBUR PANJANG, Bandara Syamsudin Noor Mulai Bersiap BNNP Kalsel Sukses Gagalkan Transaksi 1 Kilogram Sabu di Komplek Citra Garden Kabupaten Banjar Pejabat Terpapar Covid-19, Pjs Wali Kota Banjarbaru Minta ASN Pedomani Prokes BREAKING NEWS! Kepala Bappeda Tanbu Meninggal Dunia

Cara Kenali Penyakit Hepatitis B

- Apahabar.com Senin, 29 Juli 2019 - 05:30 WIB

Cara Kenali Penyakit Hepatitis B

Ilustrasi hepatitis B. Foto-suara.com

apahabar.com, JAKARTA – Penderita hepatitis sulit ditemukan. Apalagi dalam banyak kasus, khususnya Hepatitis B, gejala dan tanda penyakit itu tidak spesifik dan bahkan tidak mengalami gejala saat awal.

“Sebagian besar tidak ada gejala, kalau pun ruam dan timbul kuning itu biasanya sudah berat. Bahkan untuk kasus kanker hati sendiri juga enggak ada gejala. Makanya survival atau harapan hidupnya itu pendek 5-6 bulan karena ketahunannya terlambat,” ungkap Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Dr. dr. lrsan Hasan, SpPD-KGEH, FINASIM seperti ditulis Vivanews.com.

Dia mengungkapkan tanda yang sering terjadi pada penderita hepatitis B biasanya meliputi demam ringan, lesu, nafsu makan berkurang, mual, muntah, nyeri perut sebelah kanan. Bisa juga disertai ikterus (kuning pada kulit dan sklera mata) dan air kencing berwarna gelap seperti air teh. Meski demikian, semua gejala itu kerap tidak muncul pada penderita Hepatitis B.

“Hepatitis B kronik juga bisa berkembang menjadi sirosis atau terbentuknya jaringan parut di hati dan kanker hati. Makanya cara mengenalinya ya dengan skrining hepatits,” katanya.

Terlebih bagi perempuan yang tengah mengandung. Menurut, Irsan, perempuan yang mengandung memiliki risiko penularan kepada bayi yang tengah di kandungnya.Oleh sebab itu untuk memutus rantai penularan ialah dengan melakukan skrining agar bisa segera diatasi.

“Makanya kalau sudah sakit periksa USG sama periksa darah paling enggak setiap enam bulan sekali. Karena kalau sudah besar sudah ketahuan besar atau sekitar 3 cm ke atas sudah susah. Kalau di bawah 3 cm bisa sembuh dan diobati, ungkap Irsan.

Ditemui di tempat yang sama, Marketing Director PT Kalbe Farma TBk. Ridwan Ong, juga mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen meningkatkan kesehatan masyarakat termasuk dalam pencegahan penyakit hepatitis. Ia mengatakan dengan melakukan kegiatan ini, diharapkan kepedulian masyarakat mengenai penyakit hepatitis meningkat.

Baca Juga: 5 Kedai Ngopi Asyik di Banjarmasin

Baca Juga: Tips Bagi Memelihara Ikan Koi Hingga Menguntungkan

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Keluar Jadi Juara 1, Hoho Reborn Bikin Bangga RDP Agency
apahabar.com

Gaya

Anda Harus Tahu, Batas Toleransi Tubuh pada Makanan Bersantan
apahabar.com

Gaya

Kabut Asap Ganggu Jarak Pandang Peserta Touring Kemerdekaan
apahabar.com

Gaya

Uya Kuya, Gisella Anastasia Hingga Ashanty Ikut Tren Koleksi Ikan Cupang
apahabar.com

Gaya

Ada Harley Davidson Murah Versi China
apahabar.com

Gaya

Cadar Bisa Jadi Pelindung dari Covid-19
Wajib Diketahui, Ini Empat Masalah Umum Mobil Matic

Gaya

Wajib Diketahui, Ini Empat Masalah Umum Mobil Matic
apahabar.com

Gaya

Ortu Mesti Tahu, Ini 3 Jenis Obat-obatan yang Harus Dihindari Si Kecil
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com