Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Ciptakan Tertib Niaga, Disdag Tera Ulang di Semua Pasar di HSS

- Apahabar.com Selasa, 30 Juli 2019 - 14:11 WIB

Ciptakan Tertib Niaga, Disdag Tera Ulang di Semua Pasar di HSS

Tera ulang di Pasar Agrobisnis Taniran HSS. Foto–Dinas Perdagangan for apahabar.com

apahabar.com, KANDANGAN – Dinas Perdagangan Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III Kalimantan melakukan pengukuran atau tera ulang alat ukur, takaran timbangan dan perlengkapan di semua pasar di Kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, HM Sufiani melalui Kepala Bidang Perdagangan, M Afif Bizri mengatakan Kabupaten HSS sendiri memiliki 14 pasar yang sudah ditetapkan sebagai pasar tertib ukur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dengan semakin banyak pasar tertib ukur dan daerah tertib ukur, diharapkan mampu meningkatkan perlindungan terhadap kepentingan umum konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan.

“Sedangkan tujuan utama daerah tertib ukur adalah terciptanya tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera,” kata Afif

Afif menjelaskan bahwa tera ulang alat ukur, takaran timbangan dan perlengkapannya ini dijadwalkan dilakukan selama tiga bulan.

“Tahun ini dijadwalkan sejak bulan Juni sampai Agustus nanti,” ujarnya.

Menurutnya Tera ulang dilakukan selama seminggu penuh secara bergantian menyasar seluruh pasar yang ada di daerah ini.

“Beberapa tempat transaksi seperti SPBU, jasa pengiriman mulai kantor Pos sampai penggilingan padi juga dilakukan tera ulang,” katanya.

Pelaksanaan tera ulang, jelasnya, dilakukan setiap tahun supaya konsumen tidak dirugikan pelaku pasar dan konsumen mendapatkan ketepatan ukuran porsi resmi dan perlindungan.  Serta memastikan alat takar ukur dan timbangan digunakan adalah benar.

“Sehingga tercipta kondisi tertib niaga,” tutur Afif.

Bukti komitmen tersebut, sebelumnya Pemkab HSS pada Senin (29/7/2019) dilakukan Penandatanganan Komitmen Kerja dalam rangka mendukung Kabupaten HSS Sebagai Daerah Tertib Ukur 2019.

“Itu sebagai tindak lanjut penandatanganan komitmen kerja dengan Kementerian Perdagangan di Bandung pada Maret 2019 lalu,” katanya.

Adapun yang melakukan penandatanganan komitmen kerja disaksikan oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad yakni dengan PT. PLN Cabang Kandangan, Direktur PDAM Kabupaten HSS, Kepala Kantor Pos Kabupaten HSS, Perum Bulog Sub Divre Barabai, pimpinan JNE Express Kandangan, Pimpinan J&T Express Kandangan, pimpinan TIKI Kandangan dan Kepala Pegadaian HSS sudah sepakat di akhir 2019, memulai kegiatan tertib ukur dan penilaian akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Ubah Penampilan Pasar Beras, Pemko Anggarkan Rp13 Milyar Pembebasan Lahan

Baca Juga: Disperindagsar Barut Programkan Pasar Sehat

Reporter: Simah
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Wow, Bakal Ada Pemandian Air Panas Baru di Loksado
apahabar.com

HSS

Polres Canangkan Zona Integritas
apahabar.com

HSS

Dari Rakyat Untuk Rakyat, Puncak Harjad Daha Selatan ke-69 Meriah
apahabar.com

HSS

Tingkatkan Usaha Rakyat, Puluhan Warga HSS Dapat Bantuan
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gandeng KSS
apahabar.com

HSS

Puluhan Rumah di Tiga Kecamatan HSS Dapat Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera
apahabar.com

HSS

TP PKK HSS Gelar Penyuluhan Pusat Informasi dan Konseling Keluarga
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Ajak Semua Pihak Taat Bayar Pajak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com