Begal Sadis Mengintai Sopir Travel, Simak Imbauan Tim Macan Kalsel  Vonis Mati Pembawa Sabu Ratusan Kilo di Tabalong, Terdakwa Langsung Banding Dihantam Covid-19, Pajak Hiburan Kota Banjarmasin 0 Persen! Pembantaian Sekeluarga di Sigi Sulteng, TNI Terjunkan Pasukan Khusus Berjuang untuk Keluarga, Legimin Tetap Semangat Jualan Kerupuk di Tengah Pandemi

Dibantu Perbaikan ‘Aladin’, Warga Marabahan Punya Rumah Layak Huni

- Apahabar.com Senin, 29 Juli 2019 - 18:37 WIB

Dibantu Perbaikan ‘Aladin’, Warga Marabahan Punya Rumah Layak Huni

Melalui Bantuan Rumah Swadaya, warga memiliki dana tambahan perbaikan rumah. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Warga Kecamatan Marabahan yang masih tinggal di rumah tidak layak huni, bisa bernapas lega.

Mereka mendapatkan bantuan perbaikan Atap, Lantai dan Dinding (Aladin) melalui Bantuan Rumah Swadaya (BRS) yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Marabahan sendiri merupakan sedikit kecamatan di Barito Kuala yang telah disinggahi BRS. Berlangsung sejak 2015, sudah ribuan warga yang memperoleh bantuan serupa.

Adapun sasaran BRS sepanjang 2019 di Marabahan terletak di Kelurahan Marabahan sebanyak 44 rumah, Desa Bagus 21 rumah, Desa Antar Jaya 33 rumah dan Desa Sido Makmur 67 rumah atau total 165 rumah.

Sementara rumah yang disebut tidak layak huni di antaranya lembab, minim pencahayaan dan sirkulasi udara, penggunaan bahan tidak aman, hingga luas lantai per kapita kurang dari 7,2 meter.

“BRS sebenarnya adalah stimulan kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong kepemilikan rumah layak huni,” papar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Batola, Ir Achmad Ridho, Senin (29/07/2019).

“Bantuan ini diproyeksikan untuk perbaikan atap, lantai dan dinding. Sedangkan besaran yang diterima sebesar Rp17,5 juta dengan rincian Rp15 juta untuk bahan dan Rp2,5 juta sebagai upah,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan perbaikan, masyarakat didorong membentuk kelompok. Selanjutnya kelompok tersebut bergantian melakukan perbaikan secara gotong-royong.

“Bantuan ini tidak berbentuk uang, tetapi bahan bangunan. Bahkan dana langsung ditransfer kepada toko bahan bangunan dari Bank Kalsel, setelah keperluan bahan didata,” jelas Ridho.

Berdasarkan data Disperkim Batola per 2017, terdapat sekitar 3.000 rumah tidak layak huni. 503 di antaranya berada di Kecamatan Alalak dan sudah mendapatkan bantuan dalam tahun anggaran 2017.

Kemudian 302 rumah sudah ditangani dalam tahun anggaran 2018, “Sebenarnya kami ingin semua kecamatan mendapatkan bantuan. Namun kami hanya berwenang mengusulkan kepada Kementerian PUPR,” tukas Ridho.

“Persyaratan mendapatkan BRS juga ketat. Selain legalitas tanah dan tidak dalam sengketa, rumah tidak boleh berada di bantaran sungai. Inilah yang membuat banyak rumah di Kelurahan Ulu Benteng, terutama di pinggir aliran Sungai Barito, tidak mendapat bantuan,” sambungnya.

Kehadiran BRS memang sudah ditunggu sebagian warga, “Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan ini, karena sudah lama ingin memperbaiki rumah,” papar Yayan, salah seorang warga Jalan AES Nasution Marabahan penerima bantuan.

“Setidaknya kalau perbaikan rumah sudah dibantu, kami punya uang simpanan untuk biaya sekolah anak,” tandasnya.

Baca Juga: Ditinggal ke Sekolah, Rumah di Sungai Tabuk Diobok-obok Maling

Baca Juga: Breaking News!!! Pria asal Kandangan Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Sewaan

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Marabahan 5K Dikuasai Pelari Luar Batola
apahabar.com

Kalsel

KPPN Tanjung Buka Layanan Terpadu BPJS Cabang Barabai
apahabar.com

Kalsel

Masuk Daerah Rawan, Polsek Berangas Tambah Intensitas Patroli
apahabar.com

Kalsel

Bus TNI-AD Tabrak Pengendara di Banjarmasin, Kodim 1007 Tanggung Biaya Pengobatan Korban
apahabar.com

Kalsel

Diduga Dilempari Batu, Kaca Pos Satpam DPRD Kalsel Pecah
apahabar.com

Kalsel

Dapat Kiss Bye dari ‘Jackie Chan’ Barabai, Co Host Hitam Putih Fanny Ghassani Balas: Emmuach..emmuach!!
apahabar.com

Kalsel

Oknum Honorer Otaki Pencurian Aset Dinas Perpustakaan Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Peringati HUT RI ke-74, Paman Birin: Fokus Bergerak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com