Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam! 2 Saudaranya ‘Dipocong’ Hidup-Hidup, Saksi Kunci Pembunuhan Bocah di Benawa HST Trauma

Dinas Ketahan Pangan Balangan Tuntaskan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal di Kecamatan Paringin

- Apahabar.com Selasa, 2 Juli 2019 - 17:47 WIB

Dinas Ketahan Pangan Balangan Tuntaskan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal di Kecamatan Paringin

Salah satu juri menilai menu yang disajikan peserta lomba cipta menu pangan lokal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Balangan. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi.

apahabar.com, PARINGIN – Beragam menu ditampilkan peserta lomba cipta menu pangan lokal di Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan. Kegiatan ini digelar Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Balangan di Kantor Kecamatan Paringin, awal pekan tadi.

Ada pun lomba ini merupakan rangkaian terakhir digelar. Sebelumnya Dinas Ketahanan Pangan Balangan telah melaksanakan lomba serupa di 7 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

apahabar.com

Menu yang disajikan peserta tim PKK desa di Kecamantan Paringin, Kabupaten Balangan. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi.

Jenis makanan yang disajikan tiap peserta sesuai dengan tema lomba. Yakni Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Ada pun menu lokal yang diolah peserta yakni kentang, ubi, talas dan berbagai jenis lainnya.

Perserta sendiri berasal dari masing-masing tim penggerak PKK desa yang ada di Kecamatan Paringin. Sementara tim penilai terdiri dari Puskesmas Paringin, Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengerak PKK Kabupaten Balangan.

Nurul Hikmah, salah satu dari Tim Pengarak PKK Paringin Kota mengaku baru kali ini mengikuti lomba tersebut. Kali ini iya membawa tujuh jenis menu lokal. “Salah satunya menu opak daun singkong,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dewan Juri dari Puskesmas Paringin, Reza Wahyu Yuliadi mengungkapkan, yang jadi penilian utamanya yakni menu lokal khas daerah. “Selain itu juga kreativitas cara pembuatan dan penyajiannya adalah salah satu karakter penilaian dewan juri,” ucapnya.

Di sisi lain, jenis bahan olahan peserta juga jadi penilaian. Terutama apakah ada menggunakan pewarna alami atau tidak.

Kasi Konsumsi Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Balangan, Aisyah menambahkan kegiatan ini diadakan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan. “Sekarang ini di Kantor Kecamatan Paringin,” ujar Aisyah yang juga sebagai ketua panitia lomba.

Ia menambahkan juara lomba di sini berhak mewakili kecamatan ajang yang sama, tingkat Kabupaten. Kemudian, lanjut Aisyah, pemenang di tingkat Kabupaten akan mewakil Balangan di lomba tingkat Provinsi Kalsel.

“Dalam kegiatan lomba ini kami berharap, perserta agar mengangkat menu lokal yang asli berasal dari Kabupaten Balangan itu sendiri,” harapnya Aisyah.

Dalam lomba ini keluar sebagai juara umum Kelurahan Paringin Kota. Selain uang pembinaan dan tropi mereka juga nantinya berhak mewakili lomba tingkat kecamatan di Balangan. Dari menu yang disedikan, tim PKK Paringin Kota mampu menampilkan menu lokal dan olahan dari bahan alami. Disamping itu tampilan yang disajikan begitu menggugah selera dan enak di makan.

Baca Juga: Puluhan Personel dan ASN Polresta Banjarmasin Naik Pangkat

Baca Juga: Cara Paman Birin Bagi-bagi Sapi, Kepala Dusun Harus Adu Suit  

Reporter: Ahc08
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kolaborasi Pemprov Kalsel dan BI, Geliatkan Pertumbuhan Ekonomi Banua
apahabar.com

Kalsel

Kodim 1007 Banjarmasin Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urine Anggota
Cegah Covid-19, Polresta Banjarmasin Punya Trik Jitu

Kalsel

Cegah Covid-19, Polresta Banjarmasin Punya Trik Jitu
apahabar.com

Kalsel

Polres Tanah Laut Maksimalkan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru
apahabar.com

Kalsel

Melangkah Menuju Pilgub Kalsel 2020, Paman Birin Pamit dengan ASN
apahabar.com

Kalsel

Dihantam Gelombang Tinggi, Dua Nelayan Kotabaru Ditemukan Mengapung di Laut
apahabar.com

Kalsel

Pemindahan Ibu Kota Genjot Pemerataan Ekonomi dan Pembangunan Daerah
apahabar.com

Kalsel

Raudatul Jannah: Peringatan HKSN Jadi Simbol Mengembalikan Budaya Gotong Royong Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com