apahabar.com
Sungai purun sebelum dan sesudah dikeruk- Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin kembali berhasil membuat salah satu sungai menjadi bersih dan berfungsi seperti sediakala.

Adalah Sungai Purun yang terletak di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara yang alirannya kini dibuat menjadi lancar kembali dan dapat dimaksimalkan oleh warga sekitar.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Penjahit Baju Kebanjiran Order

Sebelum dikeruk, Sungai Purun terlihat sangat kotor dan aliran airnya kurang berfungsi dengan baik, serta ditumbuhi sangat banyak tumbuhan-tumbuhan liar.

Sungai tersebut berlebar 6 meter biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai jalur transportasi air. Namun karena ditumbuhi banyaknya pohon dan tanaman purun, badan sungai yang berlebar 6 meter, hanya 2 meternya saja yang bisa dimanfaatkan untuk jalur transportasi air.

Kini, Sungai Purun kembali berfungsi dengan baik, berkat kerja Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Lebar badan sungai kini menjadi 7 meter dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga yang menggunakannya untuk jalur transportasi air.

Kepada Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin, Thony mengatakan pengerukan Sungai Purun tersebut menghabiskan anggaran sebanyak Rp150 juta.

Baca Juga: FKH Bagi Bibit Pohon Gratis, Satu Jam langsung Ludes

“Dilakukan pengerukan dengan volume 3.500 meter (kubik) di sepanjang 300 meter aliran sungai,” ujar Thony kepada apahabar.com.

Pengerjaan Sungai Purun tersebut, kata dia, memakan waktu, kurang lebih selama 1 bulan pelaksanaan.

Dikatakannya, pihaknya pada tahun anggaran 2020 juga akan merencanakan penyiringan Sungai Purun agar terlihat lebih bersih, cantik dan indah.

“Insya Allah tahun depan kita programkan untuk penataan dan penyiringan bantaran,” ungkapanya.

Baca Juga: Gubernur Kalsel Hadiri Halalbihalal Pakuwojo Banjarmasin

Dirinya juga menghimbau untuk warga maupun masyarakat pada umumnya untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sungai-sungai yang ada, agar impian untuk menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota dengan sungai terindah cepat terwujud.

“Karena program-program Pemerintah tidak akan bisa berjalan dengan maksimal jika tidak didukung oleh warga masyarakatnya, sungai-sungai yang ada sekarang ini harus tetap kita pertahankan keberadaannya untuk anak cucu kita,” harapnya.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Syarif