Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Disperindagsar Barut Programkan Pasar Sehat

- Apahabar.com Senin, 29 Juli 2019 - 05:15 WIB

Disperindagsar Barut Programkan Pasar Sehat

apahabar.com, MUARA TEWEH – Untuk perlindungan konsumen, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Barito Utara (Barut) melakukan inovasi dengan program Pasar Sehat.

Program ini dimaksudkan agar pasar aman dari bahan berbahaya. Untuk melakukan langkah tersebut, Dispardagsar Barut bekerjasama dengan BPOM Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

apahabar.com

Drs Hajrannor Kadis Disperindagsar Barut menerangkan, jumlah pasar yang ada di kabupaten bermotto Iya Mulik Bengkang Turan (Pantang Menyerah Sebelum Berhasil) sebanyak 55 unit. Terdiri dari 5 pasar harian dalam Kota Muara Teweh dan 50 unit pasar mingguan yang tersebar di 9 kecamatan di Barut.

Pada 2018 Barut mendapatkan dana bantuan dari pusat sebanyak 2 unit pasar dengan bangunan konstruksi beton yakni Pasar Dermaga dan Pasar Bebas Banjir yang lokasinya di Kota Muara Teweh.

Tahun 2019 ini, kembali mendapatkan dana dari pusat yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk 3 unit, Pasar Demaga 2 Kecamatan Teweh Tengah,  Pasar Mampuak Kecamatan Teweh Timur dan Pasar Jingah Kecamatan Teweh Baru dengan. Pembangunan pasar rata-rata menghabiskan dana Rp 1,4 miliar.

 

apahabar.com

Pasar tradisional. Foto-BeritaSatu

Pada tahun  2019 pula,  disperindagsar sudah menganggarkan Rp 4 mliar untuk pembangunan Pasar Pondopo yang beberapa waktu lalu mengalami kebakaran hebat sehingga menghanguskan hampir semua bangunan pasar yang dikenal sebagai ikon daerah itu.

Untuk melindungi hak konsumen, Disperindagsar juga mengaktifkan kantor unit metrologi legal di Pasar Gembira yang letaknya cukup strategis di pusat Kota Muara Teweh.

Dengan keberadaan unit metrologi maka diharapkan tera ulang dan pengukuran atau alat-alat ukur,  takar,  timbangan serta perlengkapan bisa diawasi.

Beroperasi Unit Metrologi Legal sebagai unit pelaksana teknis berdasarkan peraturan bupati nomor 35 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan bupati nomor 70 tahun 2017 tentang pembentukan unit pelaksana teknis pada dinas daerah lingkup Pemkab Barut.

Unit metrologi legal melakukan pelayanan tera ulang dan pengukuran alat ukur, takar, timbangan. Tak hanya itu, unit ini juga melakukan pengawasan yang bertujuan menciptakan tertib ukur untuk melindungi kepentingan umum dan menjamin adanya kebenaran pengukuran serta kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan ukuran, standar satuan dan metode pengukuran.

Bidang perindustrian sudah ada unit pengolahan jagung di Kecamatan Teweh Timur. Keberadaannya untuk membantu para petani jagung.

Selain itu juga pemerintah daerah melalui Disperindagsar sudah melakukan pembinaan kepada pengrajin anyaman rotan. Bahkan pihaknya pun telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Bandung untuk menerima anyaman mentah dari Barut untuk kemudian dimodifikasi agar penampilan terlihat berkelas.

Baca Juga: Dokter Forensik Menduga Mayat Bayi di Sampit Terlahir Cacat

Baca Juga: Sangsi Bandara Muhammad Sidik Rampung 2019

Repoter: AHC17
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pasien Sembuh Covid-19 di Kalteng Capai 2.976 Orang
GOR

Kalteng

Atap GOR di Muara Teweh Bocor, Atlet Bulutangkis Mengeluh
apahabar.com

Kalteng

Selama Covid-19, RSUD Kapuas Kalteng Kirim 23 Ribu Ton Limbah Medis B3 ke Kaltim
Virus Corona

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas Hari Ini, Tambah Lagi 7 Orang Terpapar
apahabar.com

Kalteng

Begini Tanggapan Warga Tempat Tinggal Dua Keluarga Terduga Teroris di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Kobar Tambah 7 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Sore Ini, 127 CJH Barut Diberangkatkan Menuju Asrama Haji Banjarbaru
Jamban

Kalteng

Cegah Pencemaran Lingkungan, Kades Sei Asam Kapuas Bantu Warga Buatkan Jamban Tripikon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com