Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Era Digital, Pejabat Publik Berperan Penting Sampaikan Informasi ke Masyarakat

- Apahabar.com Kamis, 25 Juli 2019 - 15:21 WIB

Era Digital, Pejabat Publik Berperan Penting Sampaikan Informasi ke Masyarakat

Kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik digelar di ruang Rapat Bersujud, Kamis. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Di era digital seperti saat ini, peran pejabat publik yang bertugas mengelola informasi dinilai memiliki peran penting untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu (Diskominfo Tanbu) Ardiansyah, menilai peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) perlu diperkuat.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pemkab Tanbu Pastikan Hewan Kurban Layak Konsumsi

“Informasi publik harus dapat diperoleh dengan cepat, tepat waktu, berbiaya ringan, dan dengan cara sederhana. Informasi yang disampaikan juga harus bermutu. Karenanya perannya perlu diperkuat,” terang Ardiansyah saat membuka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di ruang Rapat Bersujud, Kamis (25/07).

Menurut dia peran PPID sangat penting dalam menginformasikan kebijakan, program, dan kegiatan hasil pembangunan kepada masyarakat. Apalagi hal itu didukung oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi publik.

Di era keterbukaan seperti saat ini, masyarakat sangat mudah menyampaikan ekspresi dan pemikirannya di dunia maya. Namun, kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui konten yang diunggah di dunia maya juga berdampak di dunia nyata.

“Yang dikhawatirkan jika yang menjadi objek pengaduan masyarakat adalah pelayanan publik di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu. Hal tersebut tentunya tidak perlu terjadi, jika memiliki sistem informasi lengkap, terbuka, dan mudah diakses,” jelasnya.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Selatan, Tamliha Harun, mengungkapkan beberapa langkah memperoleh informasi publik.

Pertama, pemohon informasi publik mengajukan permintaan informasi kepada badan publik, baik langsung secara lisan maupun melalui surat atau email atau telepon.

Kedua, pemohon informasi harus menyebutkan nama, alamat, subjek informasi yang diminta dan cara penyampaian informasi yang diinginkan.

Selanjutnya, PPID pada badan publik mencatat semua yang disebutkan oleh pemohon informasi pada langkah kedua.

Terakhir, pemohon informasi harus meminta tanda bukti kepada PPID di badan publik bahwa telah melakukan permintaan informasi serta nomor pendaftar permintaan.

Lebih jauh ia menjelaskan, keterbukaan informasi harus dilakukan pengujian dan pengklasifikasian maupun bentuk pengecualian sesuai standar operasional prosedur.

Dia menguraikan sejumlah contoh informasi yang dikecualikan untuk dibuka menurut sifatnya yaitu informasi yang dapat menghambat proses penegakan hukum, dapat mengganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan persaingan usaha tidak sehat.

Kemudian, informasi yang dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara, dapat mengungkapkan kekayaan alam RI, merugikan hubungan luar negeri, terkait ketahanan ekonomi, isi akta otentik yang bersifat pribadi, dan rahasia pribadi.

Baca Juga: MUA Tanbu Community Berharap Profesi Make Up Artist Lebih Dihargai

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pantai Pagatan Jadi Tempat Singgah Istirahat Pengunjung Batfest
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

70 Anak Yatim Bukber di Kampung Ramadan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ikut Pelatihan Jurnalistik, Begini Kesan Gemala Azzahra
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Komplek PPS di Tanbu Laksanakan Karantina Mandiri
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

5 Desa di Tanbu Sudah Bisa Layani Pembuatan KK dan Adminduk Lainnya
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jembatan Sungai Loban Rusak, Balai Jalan Nasional Tunggu Dana Pusat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Operasi Pasar Jadi Strategi Pemkab Tanbu Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

RSUD Tanbu Segera Miliki Ruang Rawat Inap Senilai Rp13 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com