Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!! Pecah Rekor Lagi! Kasus Covid-19 Indonesia Tambah 12.818 Hari Ini

Evaluasi PPDB Banjarmasin, Komisi IV: Tidak Lebih Baik dari Tahun Lalu

- Apahabar.com Selasa, 2 Juli 2019 - 16:43 WIB

Evaluasi PPDB Banjarmasin, Komisi IV: Tidak Lebih Baik dari Tahun Lalu

Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin memantau langsung PPDB di SMPN 3 dan 7 Banjarmasin. Foto-apahabar.com/ Ahya Firmansyah.

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin memantau hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin, Selasa (02/07/2019).

Rombongan anggota Komisi IV yang dipimpin Waki Ketua Komisi IV, Zainal Hakim mendatangi sekolah SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 7 Banjarmasin. Kedatangan anggota dewan ini memastikan pelaksanaan PPDB berjalan lancar.

“Proses PPDB setelah ditinjau di lapangan ternyata masih ada kendala dan keluhan orang tua siswa. Sistem zonasi ini cukup persulit peserta didik. Mulai dari Perwali zona Sekolah Dasar (SD), kelulusan zona rumah, syarat zonasi kecamatan, akhirnya banyak orang tua yang tidak bisa mendaftarkan anaknya,” tutur Wakil Ketua Komisi IV, Zainal Hakim.

Anggota Komisi IV lainnya, Deddy Sophian, menambahkan pihak sekolah sudah diajarkan tentang teknis penerimaan dan sudah dikatakan siap. Cuma, lanjutnya, pada tahun ini ada tambahan aturan baru yang mana ruang wilayah dibatasi dengan mengambil kecamatan masing-masing.

“Ini menjadi evaluasi pihak kami. Karena kami menilai PPDB tahun lalu lebih baik dari pada tahun ini. Itu juga menandakan aturan yang dicobakan tahun ini, ada mengalami pembatasan yang mempersulit peserta didik. Padahal, PPDB online bisa didaftarkan di mana saja pada PPDB tahun lalu. Hanya tinggal menentukan jarak sekolahnya, tetapi sekarang ini PPDB dibatasi dengan zonasi kecamatan. Ini yang akan menjadi evaluasi kami,” ujar Deddy.

Menilai hal ini, Komisi IV akan mengevaluasi PPDB online sekarang dan berharap mengubah PPDB menjadi seperti tahun lalu. Mengenai semua teknis penerimaan, Komisi IV merasa tidak ada masalah.

“Dari persiapan dan teknis penerimaannya tidak ada masalah. Hanya masalah aturan baru tadi saja mempersulit, membatasi ruang gerak orang tua murid, ini syarat kita untuk kembali pada PPDB tahun lalu, ” kata Deddy.

“Sistem kecamatan ini dari Perwali. Jika dari Kementerian Pendidikan itu juknisnya adalah hanya sistem zonasi murni saja. Ya, kita akan evaluasi agar bisa PPDB seperti tahun lalu,” timpal anggota Komisi IV Sri Nurnaningsih.

Baca Juga: Kelompok Pedagang Sekitaran MJ Inisiatif Bersihkan Trotoar Tempatnya Berdagang

Baca Juga: Hari Kedua PPDB Online SMAN di Banjarmasin Diwarnai Tangisan Orang Tua

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Proyek Jalan di Banjarmasin Ada Penyesuaian
apahabar.com

Kalsel

Danlanal Kotabaru Ajak Milenial Hidup Tanpa Narkoba
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Dicap Gagal, Jubir: Belajar dari Thailand
Ibnu Sina

Kalsel

Tiga ASN Pemkot Banjarmasin Pensiun, Ini Plt yang Dimandatkan
apahabar.com

Kalsel

Debat Pilwali Banjarmasin 2020 Digelar 3 Kali, Penanganan Covid-19 Jadi Tema Unggulan
apahabar.com

Kalsel

Debat Kandidat Pilwali Banjarmasin 2020: Khairul Bahas Visi Misi Ananda, Begini Jawaban Paslon Nomor Urut 04
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Kualitas Penelitian, BKKBN Tetapkan Kebijakan Baru
apahabar.com

Kalsel

Hindari Kampanye Terselubung, Bawaslu Banjar Imbau Hormati Haul Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com