apahabar.com
Rute Gowes Nusantara 2019 di Barito Kuala yang melintasi 10 kilometer jalan-jalan di Marabahan. Foto-Disporabudpar Batola for apahabar.com

apahabar.com, MARABAHAN – Barito Kuala sudah siap menggelar Gowes Nusantara (GN) 2019. Hajatan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) ini direncanakan menempuh jarak 8,5 kilometer.

Batola merupakan satu dari 50 kabupaten/kota di 34 provinsi yang disinggahi Gowes Nusantara 2019.

Baca Juga: Sudah 4 Gol, Rafael Belum Pikirkan Gelar Top Skor Liga 1

Start dari Padang sejak 31 Maret, puncak Gowes Nusantara dilangsungkan 9 September 2019 atau bertepatan dengan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menyambut 15 pesepeda inti yang menempuh 5.000 kilometer hingga finish, setiap daerah menurunkan pesepeda pendamping.

Batola sendiri menargetkan 3.000 orang goweser pendamping yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

“Pendaftaran sudah dibuka sejak 8 Juli dan berakhir 17 Juli. Pendaftar tidak dipungut biaya, cukup menyerahkan fotokopi kartu pelajar atau KTP,” papar Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Batola, Gusti Ruspandi SPd MAP, Kamis (11/07/2019).

Sementara rute juga sudah disusun sedemikian rupa mengelilingi Marabahan. Start dari halaman Kantor Bupati Batola, rombongan diarahkan ke Jalan Pangeran Antasari, kemudian berbelok ke kanan melewati Gedung Ijejela menuju Jalan Putri Junjung Buih.

Rute berbelok ke kanan menuju Jalan H Hadariah, melintasi beberapa meter Jalan Jenderal Sudirman, sebelum berbelok ke kanan menuju Jalan Kartini hingga memutari bundaran Mesjid Nurul Anwar menuju Jalan AES Nasution.

Selanjutnya peserta berbelok ke kiri menuju Jalan Gawi Sabumi, kemudian belok kanan melintasi Jalan Bahaudin Musa, menaiki Jembatan Rumpiang dan berputar di bundaran Jalan HM Yunus.

Lantas, peserta diberi kesempatan beristirahat di RTH Rumpiang, sebelum melanjutkan perjalanan dengan melintasi bawah jembatan, tepatnya Jalan Desa Bagus yang berada di tepi Sungai Barito.

Baca Juga: Leganya Yunan Lalui Tiga Laga Tandang Tanpa Kekalahan

Berturut-turut peserta melintasi jalan Desa Baliuk dan Penghulu, serta Jalan MT Haryono. Tepat di persimpangan Mesjid Agung Al Anwar, peserta berbelok ke kiri menuju Jalan Gawi Sabumi melewati MTsN Marabahan dan MAN 1 Marabahan.

Sampai di perempatan Jalan Veteran, peserta berbelok ke kanan. Kemudian di perempatan lampu merah Jalan Veteran, peserta berbelok ke kanan menuju Jalan Basuki Rahmat dan mencapai finish di halaman Kantor Bupati Batola lagi.

“Insyaallah Gowes Nusantara di Batola dihadiri Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Sementara rute juga sudah disurvei petugas dari Kemenpora,” tandas Gusti.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin