Alasan MK Tolak Gugatan Khairil Soal Hasil Pilgub Kalsel Doktor Kehormatan Paman Birin Ditolak Usai Audiensi, Rektor Sutarto: BEM ULM ‘Maulu-ulu’ CATAT! Per Hari Ini Tarif PCR di Kalsel Wajib Rp 300 Ribu Realisasi Kompensasi Tambang Sebuku Macet, Aliansi Kotabaru Ancam Kerahkan Massa Blakblakan Ayah Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin

Haji 2019; Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 6.056 Calon Jemaah Haji

- Apahabar.com     Selasa, 9 Juli 2019 - 11:39 WITA

Haji 2019; Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 6.056 Calon Jemaah Haji

Kegiatan pelepasan CJH embarkasi Banjarmasin Kloter I, di Asrama Haji Banjarbaru, Selasa (9/7). Foto-Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Banjarmasin tahun 1440 H/2019 M berjumlah 6.056 orang dengan rincian 4.136 CJH asal Kalimantan Selatan dan 1.920 CJH asal Kalimantan Tengah terbagi dalam 19 Kelompok Terbang (Kloter).

“Se-Kalimantan sekitar 6000-an jemaah calon haji,” Kepala Kemenag Kalsel, M. Noor Fahmi saat ditemui di Lapangan Bandar Udara Syamsudin Noor, Selasa (9/7).

Baca Juga: Haji 2019; Jemaah Meninggal Dunia Dipastikan Badal Haji

Menurut data Panitia Penyelenggara Haji dan Umrah, setiap Kloter berjumlah 320 orang CJH dan Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) serta didampingi 5 petugas Kloter yang terdiri dari 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter, 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPlHI) , 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) terdiri 1 orang Dokter dan 2 orang Perawat.

Operasional Peberangkatan CJH akan dimulai sejak masuknya CJH Kloter pertama asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (256 Orang CJH) dan Kota Banjarmasin (57 Orang JCH) ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada tanggal 8 Juli 2019 dan akan berakhir pada tanggal 4 Agustus 2019.

CJH akan diberangkatkan dalam 2 (dua) gelombang. Yaitu, gelombang pertama (kloter BDJ 01 sampai dengan kloter BDJ O7) menuju Madinah untuk melaksanakan ritual ibadah sunnah arbain dan ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Gelombang kedua, langsung menuju Mekkah (kloter BDJ O8 sampai dengan kloter BDJ 19).

Baca Juga: Haji 2019; Kejar Salat Arbain, Jemaah Haji Diimbau Prioritaskan Kesehatan

Kloter perdana BDJ 01 asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berjumlah 256 CJH dan Kota Banjarmasin berjumlah 57 CJH sehingga berjumlah 313 CJH, ditambah 3 Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) dan 5 orang petugas yang mendampingi jemaah sehingga jumlah CJH dan petugas sebanyak 321 orang.

Seyogyanya, jumlah CJH dan petugas kloter ini utuh 325, namun ada 3 orang CJH mutasi ke kloter berikutnya karena alasan diantaranya sakit dan 1 orang wafat di daerah.

Selama berada di Asrama Haji, CJH mengikuti berbagai kegiatan terkait persiapan menjelang keberangkatan, di antaranya pemeriksaan kesehatan, proses penyerahan dokumen (seperti penyerahan paspor, uang living cost, pemasangan gelang jamaah) dan pemantapan manasik haji.

Baca Juga: Masuk Embarkasi, CJH Kloter Pertama Uji Kesehatan Tahap Ketiga

Kloter perdana asal CJH Kota Dodol Kandangan dan Kota Seribu Sungai Banjarmasin akan diberangkatkan pada tanggal 9 Juli 2019 pukul 12.20 Wita dan akan tiba di Bandara AMMA Madinah pada tanggal 9 Juli 2019 pada pukul 19.35 WAS dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Air Bus 330 Seri 200 dengan nomor penerbangan GIA 8201.

Direncanakan, Kloter BDJ 02 asal Kabupaten Tabalong dan 3 orang Petugas Haji Daerah akan memasuki Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada tanggal 10 Juli 2019 pada pukul 07.00 Wita dan akan diberangkatkan pada esok harinya tanggal 11 Juli 2019 akan diberangkat menuju Madinah Arab Saudi pada pukul 03.05 Wita

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Fakta Baru Amuk Api di Patmaraga Kotabaru: Puluhan Warga Luka-Luka hingga Syok
apahabar.com

Kalsel

Gandeng Insan Maritim, KSOP Titipkan Ribuan Sembako ke Wali Kota Banjarmasin

Kalsel

Good Job! Penyelundupan Liquid Vape Ganja ke Kalsel Berhasil Digagalkan
apahabar.com

Kalsel

PSU Tiga Kabupaten, Surat Suara Disalurkan Sesuai Kebutuhan
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 20 Oktober: Tambah 42 Positif, 37 Pasien Sembuh
Wali Kota Banjarbaru

Banjarbaru

Bertahan di PPKM Level IV, Begini Penjelasan Wali Kota Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Sambut Omnibus Law UU Ciptaker, Pelaku Usaha di Batola: Perizinan Lebih Mudah ke Depan
Rekapitulasi

Kalsel

Rekapitulasi PSU Tingkat Kecamatan di Banjar Ditarget Selesai 3 Hari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com