Target 1 Juta Barel, Pemerintah Siap Danai Penuh Survei Seismik 3D Positif Covid-19, Cepat Sembuh Ketum PBNU Said Aqil Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Haji 2019; Satu Calon Jemaah Haji Meninggal di Pesawat

- Apahabar.com Senin, 8 Juli 2019 - 08:20 WIB

Haji 2019; Satu Calon Jemaah Haji Meninggal di Pesawat

Dokter Sri Mulyani menjelaskan kronologis wafatnya almarhumah Sumiyatun Sawi Krama (56), jamaah kloter 2 asal Embarkasi Solo (SOC). Foto-Republika

apahabar.com, MADINAH — Satu calon jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) 2 asal Embarkasi Solo (SOC) meninggal dunia saat berada di pesawat, pada perjalanan menuju Madinah, Minggu (7/7/2019) malam waktu Arab Saudi (WAS).

“Ibu Sumiyatun Sawi Krama meninggal dunia saat masih di atas pesawat,” kata dokter Sri Mulyani, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Senin (8/7) dini hari di Madinah seperti dilansir Republika Senin (8/7).

Sumiyatun Sawi Krama (56)  mengembuskan napas terakhir karena serangan jantung.

“Saat di atas pesawat ketika tim kami melakukan pemeriksaan, beliau juga mengalami gula darah atau kolesterol yang sangat tinggi dan tidak terkontrol,” ungkap Sri Mulyani.

Sumiyatun berasal dari Desa Godog, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Dia tergabung rombongan 5 kloter 2 Embarkasi Solo. Dia diketahui berangkat seorang diri, tanpa ada pendamping dan juga tidak memiliki anggota keluarga.

“Saat ini jenazah almarhumah berada di Bandara Madinah,” ujarnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Diminta Waspada Dehidrasi

Di tempat yang sama, Ketua Kloter 2 Embarkasi Solo (SOC), Lasimin menceritakan, Sumiyatun masuk asrama haji dalam keadaan sehat. Namun setelah diperiksa dokter, almarhumah baru diketahui memiliki penyakit diabetes yang cukup tinggi.

“Saat diperiksa juga biasa, cuma dokter menemukan adanya penyakit gula,” kata Lasimin kepada wartawan, Senin (8/7/2019) dini hari waktu Saudi Arabia (WAS), di Hotel Mubarak Fiddi, Madinah, tempat menginap rombongan Kloter 2 asal Solo ini.

Ditambahkannya, saat masuk pesawat, Sumiyatun tampak sangat sehat. Demikian pula ketika menikmati hidangan atau makan pertama di pesawat, almarhumah sangat menikmatinya. Namun untuk makan kedua, ungkapnya, almarhumah sudah tidak mau makan.

“Setelah itu, kira-kira 50 menit sebelum mendarat, almarhumah mengalami muntah-muntah. Dan dokter serta anggota TKHI berupaya semaksimal mungkin menangani, namun, kondisinya langsung drop, dan nyawa almarhumah tak bisa tertolong lagi,” kata Lasimin.

Pihaknya sudah menyampaikan perihal wafatnya almarhumah kepada keluarga di Sukoharjo.

“Keluarga sudah mengikhlaskan, dan harapannya ini menjadi jalan terbaik bagi almarhumah,” kata Lasimin, menirukan maksud dari anggota keluarganya.

Rencananya, jenazah almarhumah akan dimakamkan di kompleks pemakaman di Madinah, di sekitar Baqi.

Baca Juga: Kemenkes Bocorkan Tips Sehat Selama Berhaji

Sumber: Republika.co.id
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Akui Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Rata-Rata Dunia
apahabar.com

Nasional

Permudah Paspor Calhaj 2020, Begini Harusnya Cara Imigrasi
apahabar.com

Nasional

Geger Dentuman Misterius di Bandung, BMKG Buka Suara
apahabar.com

Nasional

Asik Mancing, Seorang Remaja Tewas Diterkam Buaya
apahabar.com

Nasional

KPK Sebut 3 Modus Korupsi Kepala Daerah: dari Gratifikasi, Jual Beli Jabatan, Hingga Kickback
apahabar.com

Nasional

Dewan Pers: Kode Etik Jurnalistik “Mahkota” Bagi Wartawan
apahabar.com

Nasional

Resmi, Kaltara Dapat Hibah 3 Kapal Pelra
apahabar.com

Nasional

Operasi Yustisi di DKI Jakarta, 114.133 Warga Terjaring
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com