Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Harapan Besar Bupati HSS Kepada Kades

- Apahabar.com     Senin, 1 Juli 2019 - 17:23 WITA

Harapan Besar Bupati HSS Kepada Kades

Bupati HSS, H Achmad Fikry melantik Junaidi sebagai Kades Siang Gantung di Aula Kantor Kecamatan Daha Barat. Foto-Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry MAP melantik Junaidi sebagai Kepala Desa (Kades) Siang Gantung, Kecamatan Daha di Aula Kantor Kecamatan Daha Barat, Senin (1/7).

Dalam sambutannya, Bupati HSS berharap setelah dilantik agar Kades Siang Gatung segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan aparat desa beserta seluruh komponen masyarakat.

Tujuannya agar berbagai kegiatan pemerintahan dan pembangunan bisa berjalan dengan baik. Apalagi kades yang dilantik adalah incumbent.

Menurut Bupati, Kades adalah seorang pemimpin yang harus menjadi contoh teladan, menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat. Kades juga harus bisa bersama-sama perangkat desa berkoodinasi dengan BPD untuk terus menyelenggarakan pelayanan pemerintahan.

Seorang kades dituntut mampu untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada para perangkat desa. Karena bagaimanapun pada level yang terendah, kades adalah seorang pemimpin, seorang kepala unit kerja yang harus bisa menjadi teladan.

“Memberikan contoh yang baik kepada bawahannya dan memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi bawahannya,” katanya.

Bupati menambahkan bahwa desa adalah unit pemerintahan yang terendah di bawah kecamatan. Yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, makanya sudah berapa tahun ini desa diperkuat dengan dukungan dana baik bersumber dari ADD maupun dari dana desa.

Desa berbeda dengan kecamatan, karena kecamatan adalah wilayah administratif yang tidak bisa berhak mengatur rumah tangganya dan kecamatan adalah perpanjangan tangan kepala daerah.

Bupati pun mendorong agar desa-desa mencoba menggali sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan tidak membebankan rakyat, seperti membuka objek wisata sehingga bisa menjadi bagian pendapatan desa.

Sehingga suatu saat penghasilan perangkat desa, antara desa satu dengan desa yang lain bisa berbeda. Karena bisa mendapatkan sumber pendapatan dari sumber pendapatan asli desa.

Kades harus bisa mendengar aspirasi yang berkembang di masyarakat. Pada forum Musrenbang hendaknya mendengar apa keinginan masyarakat dan berusaha maksimal untuk memenuhi berbagai harapan masyarakat.

“Seperti masyarakat yang belum punya listrik sudah bisa dipasangkan listriknya dan masyarakat yang belum punya WC sudah dibantu oleh desa,” katanya.

Untuk itu, Kades Siang Gantung agar bisa melihat lagi apa kebutuhan masyarakat yang mendesak yang perlu direalisasikan secara bertahap.

Pada acara itu turut hadir Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs H Muhammad Noor M.AP, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Fikry, serta tokoh masyarakat Daha Barat.

Baca Juga: Rp 300 Juta untuk Rehab Kubah Datu Daha

Baca Juga: Pengamat: Perempuan Jangan Hanya Modal Cantik Terjun Dunia Politik

Reporter: Simah
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS Jamin Biaya Pengobatan Bayi Jantung Bocor
apahabar.com

HSS

Teknologi Makin Canggih, Layanan Masyarakat HSS Terus Dievaluasi

HSS

Polisi Ungkap Kondisi Pria Tewas di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan
apahabar.com

HSS

Tak ada Dana, MUI Kecamatan di HSS Sulit ‘Bergerak’
apahabar.com

HSS

Bupati H Achmad Fikry Terima Satyalencana Pembangunan
apahabar.com

HSS

Jelang MTQ di Kotabaru, Pemkab HSS Siap Dongkrak Prestasi Qari dan Qariah
apahabar.com

HSS

Polres Canangkan Zona Integritas
Polres HSS

HSS

Polres HSS Ungkap Belasan Kasus Narkoba dan Kriminal, Salah Satu Pelakunya IRT
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com