7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Harganas XXVI, Eratkan Kekeluargaan lewat One Day for Children

- Apahabar.com Jumat, 5 Juli 2019 - 16:28 WIB

Harganas XXVI, Eratkan Kekeluargaan lewat One Day for Children

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membuka secara resmi acara One Day for Children, di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, Gedung Idham Chalid, Jumat (5/7). Foto-apahabar.com/Musnita

apahabar.com, BANJARBARU – Rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 kian semarak mendekati puncak perayaannya.

Berdekatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli, pemerintah menggelar acara satu hari bersama anak atau One Day for Children, di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, Gedung Idham Chalid, Jumat (5/7).

Baca Juga: Harganas XXVI, DWP Se-Indonesia Gelar Baksos di Kalsel

Kerja sama antara Dinas Kesehatan Kalsel, Dinas Sosial Kalsel dan BKKBN Kalsel ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Kegiatan ini sangat bermakna untuk menumbuhkan kesadaran bersama serta menghidupkan kembali nilai-nilai keluarga. Dalam keluarga kita berkumpul, berinteraksi, saling mencintai, menyayangi dan menasihati,” ucap Paman Birin. Dihadiri sedikitnya 1.645 anak yang terdiri dari kaum duafa dan siswa-siswi sekolah tingkat menengah hingga atas.

Bertemakan Suara Anak untuk Indonesia, Direktur Direktorat Promkes dan PM, dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes, berharap dapat membentuk generasi yang sehat dan berprestasi.

“Kita tidak melihat jumlah penyakitnya tapi bagaimana agar kesehatannya yang meningkat,” ungkap Riskiyana.

Beragam kegiatan dilaksanakan pada acara ini, antara lain Senam Sehat Ceria, gerakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dan gosok gigi, Sarapan Sehat dengan Isi Piringku serta minum tablet penambah darah bagi remaja putri.

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuryani mengimbau kepada peserta remaja putri agar setidaknya minum tablet penambah darah sebanyak 50 buah dalam satu tahun.

“Harus minum setidaknya satu kali dalam seminggu. Dari data Riskesdas 2018, remaja putri yang minum tablet rutin sebanyak 50 buah persentasinya terbilang rendah yaitu hanya 1,4 persen,” paparnya.

Menurut Nuryani, saat ini Dinas Sosial fokus pada anak-anak yang memerlukan penanganan khusus terutama penyandang disabilitas.

“Ternyata masih banyak yang belum terjangkau di kabupaten/kota. Mudah-mudahan dengan adanya acara one day for children ini, para orang tua, masyarakat dan tokoh-toko lainnya bisa melihat ternyata masih banyak anak anak yang memerlukan bantuan penanganan perhatian cinta kasih dari kita khususnya orang tua,” ujarnya kepada awak media.

Baca Juga: Harganas XXVI, Ekonomi Kalsel Kian ‘Bergerak’

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BKKBN Kalsel

Harganas 2020: Ditarget 43 Ribu Akseptor, BKKBN Kalsel Punya Strategi Brilian
apahabar.com

BKKBN Kalsel

BKKBN Kalsel Gandeng TNI Upayakan Pengendalian Penduduk
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Stigma Masyarakat Masih Jadi PR Dalam Sosialisasi Program KB
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Panitia Harganas Siapkan Pemecahan Rekor Muri Tari Baigal Japin
apahabar.com

BKKBN Kalsel

BKKBN Kalsel Bekali Mahasiswa UMB Lewat Orasi Ilmiah
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Harganas XXVI Picu Gairah Pariwisata dan UMKM Kalsel
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Hadapi Bonus Demografi, BKKBN Kalsel Bekali Remaja
apahabar.com

BKKBN Kalsel

Sinergisitas BKKBN dan Pemkot Banjarmasin Sejahterakan Masyarakat Lewat Kampung KB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com