Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

JCH Kalteng Berpotensi Gunakan Jalur Darat Menuju Syamsudin Noor

- Apahabar.com Sabtu, 6 Juli 2019 - 08:00 WIB

JCH Kalteng Berpotensi Gunakan Jalur Darat Menuju Syamsudin Noor

Ilustrasi jemaah haji. Foto-Borneonews

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Jemaah Calon Haji (JCH) Kalteng 2019 berpotensi berangkat melalui jalur darat menuju embarkasi yang berada di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Hal ini bisa saja terjadi, jika hingga akhir nantinya tidak ada maskapai yang melakukan penawaran untuk embarkasi antara di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya yang sesuai dengan pagu anggaran yang disiapkan pemerintah,” kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri seperti ditulis Antara.

Baca Juga: Terpilih, Anggota DPRD Barut Dilantik Agustus

Apabila JCH pada akhirnya diberangkatkan melalui jalur darat, maka mereka yang berasal dari kabupaten yang jaraknya tidak jauh dari wilayah Banjarmasin dapat langsung diberangkatkan menuju ke sana, tanpa harus terlebih dulu berkumpul di Palangka Raya.

Mengenai rencana cadangan ini, pemprov telah melakukan komunikasi dengan pemerintah kabupaten dan kota, Kantor Imigrasi, Kantor Kementerian Agama dan berbagai pihak terkait lainnya, baik yang berada di Kalteng maupun Kalsel.

“Jadi kami punya rencana A maupun B, yakni embarkasi antara maupun jalur darat. Jika pada akhirnya jalur darat yang digunakan, maka seperti Pulang Pisau maupun Kapuas tidak perlu lagi ke sini tapi bisa langsung menuju Banjarmasin,” katanya.

Fahrizal menjelaskan, lelang transportasi penerbangan untuk embarkasi antara dilakukan menggunakan sistem yang dibuka mulai 9 Juli 2019 mendatang. Dimulai pada saat itu, maka akan diketahui siapa saja penawar serta nilai yang mereka ajukan.

Menurut informasi yang ia terima, hingga saat ini ada sejumlah pihak yang sudah mengajukan penawaran terhadap lelang yang dibuat pemerintah. Namun untuk data lengkap dan perihal lainnya, baru bisa diketahui mulai 9 Juli 2019 mendatang.

“Kami tetap berharap agar nantinya ada penawar yang sesuai dengan pagu anggaran yang telah disiapkan agar para JCH Kalteng tahun 2019 ini tetap bisa diberangkatkan melalui embarkasi antara seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Fahrizal.

Namun ia menegaskan, baik melalui embarkasi antara ataupun jalur darat, keduanya sama-sama merupakan pilihan yang baik dan tidak ada masalah bagi para JCH, sebab semua telah dipersiapkan secara matang oleh pemerintah.

Baca Juga: Penyelesaian Tata Batas Kalteng-Kalbar Terus Diupayakan

Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Covid-19

Kalteng

Covid-19 Meningkat, RS Doris Sylvanus Palangka Raya Overload
apahabar.com

Kalteng

Dewan Soroti Tempat Parkir WFC dan RSUD Muara Teweh
apahabar.com

Kalteng

23.880 KK Sudah Terima BLT, Bagian Hulu Kapuas Segera Menyusul
apahabar.com

Kalteng

Untuk Generasi Muda Kapuas, Jangan Pernah Mencoba Narkoba
apahabar.com

Kalteng

Satpam di Kapuas Ikuti Pembinaan
apahabar.com

Kalteng

KPU Barut Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan di Lapas Kelas II B Muara Teweh
apahabar.com

Kalteng

Disdik Kapuas Sosialisasikan Aplikasi Dapodik 2021
apahabar.com

Kalteng

Wali Kota Palangkaraya Usul Bandara Tjilik Riwut Ditutup  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com