apahabar.com
Jokowi. Foto-Instagram

apahabar.com, JAKARTA –  Jadi orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tentu punya kesibukan yang luar biasa. Namun untuk mengatasi itu semua ia punya cara tersendiri.

Melalui akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan tips menjaga tubuh agar tetap bugar.

“Jadi, jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dan dirajang-rajang, begitu juga dengan kunyitnya. Setelah itu diseduh dengan air panas, diaduk, dan disaring, jamu siap diminum,” katanya sambil megani gelas kesayanganya, dalam video singkat tersebut.

Berdasar curhatan Jokowi yang dia rekam sendiri, dia setiap pagi sudah lebih 18 tahun belakangan selalu minum jamu yang dibuat sendiri.

Jamu tersebut dia racik sedemikian rupa sehingga menjadi minuman favorit dalam memulai aktivitas.

Jamu yang dipilih Jokowi itu merupakan campuran dari temulawak, jahe, dan kunyit. Sang presiden pun tidak lupa membagikan cara membuatnya.

Jahe, temulawak, dan kunyit juga memiliki khasiat masing-masing yang sangat berguna untuk tubuh.

Jahe bisa mengatasi peradangan dalam tubuh dan kulit, temulawak dapat membantu meredakan kelelahan otot, sedangkan kunyit dapat menghambat radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Sudah menjalani ritual minum jamu ini sejak 18 tahun yang lalu, khasiat yang dirasakan Jokowi adalah tubuhnya selalu fit dan bugar. Itu juga yang menjadi penyemangat pagi sebelum melakukan aktivitas.

Menariknya, dalam video ini Jokowi seperti melakukan atraksi makan dan minum ala food vlogger. Ya, dia meminum jamu tersebut di depan kamera dan endingnya dia sedikit beri “drama” dengan memperdengarkan suara “glek, ah”. Lucu, deh!

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif