Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak

Kadis PUPR Banjar: Tukang yang Tidak Memiliki Sertifikat Akan Dirazia

- Apahabar.com Rabu, 31 Juli 2019 - 14:04 WIB

Kadis PUPR Banjar: Tukang yang Tidak Memiliki Sertifikat Akan Dirazia

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, H Muhammad Hilman. Foto-apahabar.com/AHC 15

apahabar.com, MARTAPURA – Pekerja Konstruksi (tukang) ke depannya akan dilakukan oleh pekerja yang memiliki sertifikasi. Jika tidak, akan dilakukan penindakan oleh pihak terkait.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, H. M. Hilman mengatakan, menurut Undang-undang nomer 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi, apabila ada pekerja yang tidak mempunyai sertifikat maka akan dirazia.

“Itu sudah ada edaran dari Kementerian PU, berdasarkan pasal-pasal yang ada dalam undang-undang bahwa setiap pelaksanaan pekerjaan konstruksi itu wajib dilaksanakan oleh tenaga kerja konstruksi yang berkompeten, dengan dibuktikan bahwa memiliki sertifikasi ini,” ujarnya pada apahabar.com, Rabu (31/7/2019).

Pemerintah Kabupaten mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki Sertifikat Terampil (SKT), sambung Hilman, hal tersebut telah dilakukan oleh pihak PUPR yang dilaksanakan di Stadion Demang Lehman (SDL) hari ini dan di Terminal Gambut Barajat (TGB) Selasa kemarin.

“Jadi kita lakukan kesiapan infrastrukturnya terlebih dahulu baru kita lakukan pelaksanaan sesuai dengan amanah undang-undang yang ada. Jika kita tidak siap, tapi diberlakukan, malah menjadi masalah nantinya untuk kita,” tuturnya.

Hal tersebut yang membuat pihak PUPR Kabupaten Banjar yang bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk melakukan Percepatan Sertifikasi Tukang Pekerja Konstruksi yang ada di Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah, kita mengadakan kegiatan tersebut difasilitasi dengan adanya pembiayaan, makanya kita bekerjasama dan pembiayaan tersebut dipikul bersama antar Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Hilman mengatakan, tujuan akhir dari sertifikasi tukang tersebut adalah untuk menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang handal dan memenuhi persyaratan kualitas yang diinginkan.

Menurut data PUPR Kabupaten Banjar, sambung Hilman, Tukang Konstruksi yang ada di Kabupaten ini tercatat sebanyak 850 orang tenaga terampil. Pada hari ini, pihaknya sudah memberikan sertifikat kepada lebih 250 orang tukang.

“Dalam pelaksanaan ini minat masyarakat begitu besar dan kita juga ingin dana desa yang sebagian besar dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur. Kita harapkan memang benar-benar bermanfaat serta dengan kualitas yang memang benar-benar bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Kegiatan Percepatan Sertifikasi tukang tersebut, lanjut Hilman adalah hasil dari kerjasama Dinas PUPR dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Fasilitator Desa-desa yang ada di Kabupaten Banjar.

“Kemarin kita sudah keliling untuk melakukan kerjasama dengan Balai dan Pemprov melakukan bimbingan teknis dengan Program Mobile Training Unit (MTU), jadi kita latih terlebih dahulu mereka, dari segi kemampuan dan keterampilannya, jadi mereka sudah dibekali,” pungkasnya.

Baca Juga: Korban Pencabulan Minim Pendampingan, Dinsos PPKB-PPA HST Perlu Restrukturisasi

Baca Juga: Pilkades Serentak 2019, Polres Balangan Mulai Gelar Pasukan

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Viral! Polisi Imbau Bahaya Covid-19 dengan Lagu Cari Jodoh
apahabar.com

Kalsel

Denda Wajib Masker, Wali Kota Banjarmasin Ralat PIKOBAR
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG: Waspadai 6 Daerah Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Jalan Hampang-Kelumpang Hulu Terendam, Warga Terpaksa Sewa Rakit
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Warga Kalsel se-Jabodetabek Halalbihalal di Museum Gajah, Bupati HST Gaungkan #SaveMeratus
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Baharat Sediakan Bakso Andalan untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Penyebab Pria Bertato di Simpang Belitung Ngamuk Bacok Teman hingga Tewas
apahabar.com

Kalsel

Pemuda Pengrajin Kayu Bekas Tabalong Tampil di Ajang The 21St Jakarta International Handicraft Trade Fair 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com