Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga

Kadisdik Kalsel Anjurkan Pelajar Tonton Film Koboy Kampus

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juli 2019 - 20:41 WIB

Kadisdik Kalsel Anjurkan Pelajar Tonton Film Koboy Kampus

Kadisdik Kalsel Yusuf Effendi menyempatkan datang pada penayangan ketiga Koboy Kampus, film nostagila era 90-an di XXI, Duta Mall, Banjarmasin, Sabtu siang. Produser Film Koboy Kampus, Budi Ismanto tampak mendampingi Yusuf. apahabar.com/Rizal

apahabar.com, BANJARMASIN – Film Koboy Kampus yang serentak tayang di bioskop seluruh tanah air sejak 25 Juli lalu tak hanya menarik kalangan milenial melainkan juga para pejabat.

Kepala Dinas Pendidikan Kalsel Yusuf Effendi rupanya juga tak mau ketinggalan pemutaran perdana Koboy Kampus, film nostaglia kehidupan kampus era 90-an itu.

“Film ini adalah sarana edukasi atau pendidikan, bagus untuk ditonton khususnya pelajar usia SMA dan SMK,” kata Yusuf ditemui apahabar.com di XXI, Duta Mall, Banjarmasin, Sabtu (27/7/2019).

Yusuf memberi apresiasi setinggi langit untuk 69 production yang mau membuat film perdananya tentang banua.

“Ini adalah film pertama dari 69 production. Kami berharap ke depannya semakin mengembangkan potensi kearifan lokal kita untuk lebih dikenal masyarakat Kalsel dan umumnya Indonesia sehingga menjadi daya tarik atau magnet kepada masyarakat Indonesia untuk datang berkunjung,” lanjut Yusuf.

Film Koboy Kampus, mulai digarap pada Juli 2018 lalu. Dalam penggarapan film ini Enam Sembilan Production yang bermarkas di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, menggandeng penulis novel Dilan yaitu Pidi Baiq sekaligus pimpinan The Panasdalam.

Sedangkan untuk pendistribusian dan promo, Enam Sembilan Production bekerjasama dengan MNC Pictures, sebuah perusahaan per filman ternama di Indonesia.

Film koboy kampus sendiri merupakan istilah bagi para mahasiswa yang lama menghabiskan waktu di dunia kampus dengan segudang pemikirannya.

“Film ini banyak memiliki nilai edukatif dan membuktikan bahwa urang Banua dapat menciptakan film nasional” paparnya.

Film Koboy Kampus, menurut dia, merupakan salah satu sarana bagi seniman Banua untuk menuangkan inspirasi dan bakatnya.

Hari ketiga penayangan Film Koboy Kampus di Banjarmasin semakin meriah dengan kehadiran dua pemain utamanya yaitu Bisma Karisma dan David John Schaap.

“Ini penayangan ketiga dan antusias penonton masih besar sama ketika hari pertama di Bandung kemarin juga seperti ini. Syukurlah banyak yang suka” ujar David Jhon.

Pemeran Erwin, warga negara The Panasdalam itu berharap antusias penonton di hari hari berikutnya juga sama dan film ini dapat menghibur seluruh penonton.

Selain Bisma dan David, penayangan film koboy kampus hari ini dimeriahkan oleh Putri Intan Kasela dan Ahmad Walid.

Film drama musikal berbalut komedi itu sukses mengundang gelak tawa ratusan penonton yang memenuhi Studio 1 XXI Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (27/7) siang.

Usai film berakhir, empat pemain film nostaglia kehidupan kampus era 90-an itu beserta tim produser menyempatkan diri melakukan jumpa pers dengan awak media yang turut menyaksikan film tersebut.

“Koboy Kampus adalah film komersial pertama karya anak Banua yang dikerjakan secara nasional,” ucap Eksekutif Produser Film Koboy Kampus, Rois Sunandar Maming.

Produser Film Koboy Kampus, Budi Ismanto turut menambahkan film pertama orang Banjar ini diharapkan bisa memacu dan memotivasi insan perfilman lainnya di Kalsel.

“Dunia perfilman di daerah kita masih belum bisa muncul ke permukaaan karena mungkin belum ada kesadaran bahwa ini adalah industri yang menjanjikan,” lanjut Budi.

Sekadar diketahui, Film Koboy Kampus bercerita tentang perjalanan band The Panasdalam yang dibentuk Pidi Baiq pada 1995.

Bukan hanya sebagai band, tapi juga sebagai negara bernama Negara Kesatuan The Panasdalam.

Pidi, pria yang akrab disapa Ayah ini kala itu berkuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pidi memilih mengkritik pemerintah di era Orde Baru (Orba) dengan cara kreatif ketimbang turun ke jalan seperti mahasiswa kebanyakan.

Film ini dibintangi oleh Ricky Harun, David John Schaap, Bisma Karisma, Vienny JKT48, Ria Irawan, Chica koeswoyo, Danilla Riyadi, Steffi Zamora, Miqdad Addausy, Christina Colondam, dan Anfa Safitri.

Baca Juga: Cast Film Koboy Kampus Ikut Nimbrung Nobar di Banjarmasin

Baca Juga: Puas Nonton ‘Koboy Kampus’, Komedian Uus Puji Akting Jeje sebagai Pidi Baiq

Baca Juga: Pidi Baiq Blak-blakan soal Film Koboy Kampus

Baca Juga: Ini Tanggapan Ketua HIPMI Kalsel Setelah Nonton Film ‘Koboy Kampus’

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sertijab Danyon 621 Manuntung Barabai Dimeriahkan Atraksi Prajurit
apahabar.com

Kalsel

Danramil 1007-01/BT Tinjau Posko Covid-19 Swadaya Warga Banua Anyar

Kalsel

VIDEO: Mengintip Lokasi Penemuan Mayat Wanita Hamil Diduga Istri Pembakal HST
Bantah Isu Kelangkaan Masker, Dinkes Kalsel Klaim Simpan Ratusan Ribu Kotak

Kalsel

Bantah Isu Kelangkaan, Dinkes Kalsel Klaim Ratusan Lembar Masker
apahabar.com

Kalsel

Air Mata Kapolsek Menetes, Lihat Kondisi Warga Pedalaman Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Mardani H Maming Jabat Ketum BPP HIPMI, Muhaimin: Ini Catatan Sejarah!

Kalsel

Pembangunan Bendungan Batang Alai Tingkatkan Kesejahteraan Petani
apahabar.com

Kalsel

Sopir dan Ojek Pangkalan di Kalsel Terima Bantuan Melalui Polri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com