Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Kaltim Segera Rekrut Puluhan Pendamping Desa

- Apahabar.com Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Kaltim Segera Rekrut Puluhan Pendamping Desa

Ilustrasi pendamping desa. Foto-Istimewa

apahabar.com, SAMARINDA – Pemerintah Povinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera merekrut 80 pendamping desa profesional, untuk mengisi kekosongan pada sejumlah kabupaten.

“Rencananya perekrutan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dilakukan pada akhir Juli 2019. Semoga dalam proses rekrutmen ini kita dapatkan pendamping terbaik untuk mengawal dana desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim, M Jauhar Efendi di Samarinda, Selasa, dilansir Antara.

Baca Juga: Bongkahan Hitam di Pantai Balikpapan Dipastikan Batu Bara

Proses rekrutmen diawali dengan permohonan persetujuan dari Satuan Kerja (Satker) pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Pusat.

Dalam waktu dekat, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) DPMPD Provinsi Kaltim akan menyampaikan pengumuman resmi. Terkait persyaratan administrasi, jadual pelaksanaan seleksi, dan hal lain terkait prosesnya.

Sementara Panitia Seleksi (Pansel) terdiri atas tiga unsur, yakni perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), perwakilan dari Perguruan Tinggi Negeri, dan perwakilan dari DPMPD Kaltim.

Sesuai hasil rapat yang ia pimpin Selasa kemarin, maka bagi yang lolos seleksi akan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak per 1 September hingga 31 Desember 2019.

Sedangkan untuk perpanjangan kontrak pada 2020 sangat dimungkinkan, yakni dengan dua syarat terpenuhi.

Pertama adalah TPP yang baru bekerja empat bulan tersebut berkinerja baik sesuai dari hasil evaluasi kinerja (evkin), sedangkan syarat kedua adalah tersedianya anggaran untuk memperpanjang kontrak.

“Kepada semua pihak yang mengetahui informasi ini, mohon disebarkan seluas-luasnya karena pemerintah menginginkan lowongan tersebut dapat terisi dengan standar yang tinggi, yakni untuk mendukung pencapaian desa maju dan mandiri di Provinsi Kaltim,” jelas Fendi.

Ia juga mengatakan bahwa Satker P3MD memberikan kesempatan luas kepada para pendamping profesional yang memenuhi syarat dan berkinerja baik untuk meniti jenjang karier yang lebih tinggi.

Misalnya, lanjut dia dari Pendamping Lokal Desa (PLD) bisa mengikuti seleksi di jenjang Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) tingkat kecamatan. Kemudian dari PDP bisa ikut seleksi untuk lowongan Tenaga Ahli tingkat kabupaten.

Baca Juga: Jokowi Sumbang Sapi Ongole Putih ke Kaltim

“Mengingat keterbatasan anggaran, maka pelaksanaan seleksi akan dilakukan hanya di dua lokasi, yakni di DPMPD Provinsi Kaltim di Samarinda, kemudian di Kabupaten Kutai Barat,” tambahnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pupuk Kaltim Boyong Proper Emas Dua Kali Berturut-turut
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Masih Bergantung Migas dan Batu Bara, Sampai Kapan?
apahabar.com

Kaltim

Sudah 36 Nyawa Melayang, Kaltim Bakal Pulihkan Lubang Bekas Tambang
apahabar.com

Kaltim

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Balikpapan, Delapan Perempuan Diamankan
apahabar.com

Kaltim

Kabar Gembira, 3 Menara Telekomunikasi di Mahulu Segera Aktif
apahabar.com

Kaltim

Pemilu 2019, Kaltim Target 77,5 Persen Partisipasi Pemilih
apahabar.com

Kaltim

Warga Kalimantan Tuntut UU Minerba Dibatalkan
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Nomor 1 soal Cakupan Data Akta Kelahiran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com