Usai Sahur, 9 Rumah di Pelambuan Banjarmasin Hangus Terbakar! New Toyota Raize Laris Manis di Kalsel, Sepekan Puluhan Unit Dipesan POPULER SEPEKAN: Jasad Dipocong Karung di HST hingga Rapid Tes Penumpang Feri Tanjung Serdang Waspada! Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang  Pakai Knalpot Brong, Puluhan Unit Sepeda Motor di Banjarmasin Ditilang

Kementan Siapkan Kalteng Sebagai Lumbung Perkebunan dan Hortikultura

- Apahabar.com Jumat, 19 Juli 2019 - 06:00 WIB

Kementan Siapkan Kalteng Sebagai Lumbung Perkebunan dan Hortikultura

Menteri Pertanian, Andi Arman Sulaiman (topi putih) bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (topi hitam) saat meninjau lokasi peluncuran program BUN 500 2019-2024 di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya, Kamis, (18/7/2019). Foto–Antara/Muhammad Arif Hidayat

apahabar.com, PALANGKARAYA – Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai salah satu lumbung produk perkebunan maupun hortikultura bagi Indonesia untuk memperkuat ekspor yang selama ini didominasi oleh komoditas dari dua sektor tersebut.

“Kami optimistis bisa merealisasikannya, apalagi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran adalah seorang pekerja keras dan siap menyediakan lahan untuk membangun perkebunan maupun hortikultura secara besar-besaran,” kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Palangkaraya, seperti dilansir Antara Kamis (18/7/2019).

Sebagai salah satu upaya mewujudkannya, Kementan baru saja melakukan peluncuran program Benih Bermutu Perkebunan 500 juta batang (BUN 500) 2019-2024 di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya.

Melalui program itu, semua wilayah di Indonesia akan mendapatkan pembagian benih bermutu sesuai mekanisme yang telah ditentukan, termasuk Kalteng. Setiap tahun ada total sebanyak 100 juta batang yang dibagikan.

Mentan menjelaskan, semua pihak tentu mengetahui bahwa ekspor Indonesia didominasi oleh sektor perkebunan dan hortikultura. Jika dipresentasekan, maka jumlahnya mencapai hingga 90% dari total keseluruhan.

Ia menegaskan, apabila Indonesia ingin maju, sudah seharusnya mendorong ekspor dan investasi secara maksimal. Sebab keduanya dinilai sebagai syarat utama, agar Indonesia bisa terus maju dan berkembang serta bersaing dengan negara lain.

“Hari ini, pada peluncuran program BUN 500, merupakan momentum tepat bagi kita untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah di Indonesia yang sebelumnya pernah dicapai pada ratusan tahun lalu,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengawalan dengan membangun sentra-sentra bibit berdasarkan keunggulan pada masing-masing daerah, seperti topografi wilayah, kultur dan lainnya yang mempengaruhi.

Ia menjelaskan, pemilihan benih bermutu juga dilakukan secara selektif dan menyesuaikan komoditas ekspor. Meliputi kopi, lada, pala, cengkih, kakao, teh, jambu mete, karet, kelapa dalam serta tebu.

“Untuk Kalteng ada sejumlah benih yang cocok untuk dikembangkan, di antaranya kelapa dalam, kopi, karet hingga lada. Kami harapkan pemerintah daerah bisa bekerja secara maksimal mendukung upaya merealisasikannya,” ungkapnya.

Baca Juga: Willy M Yoseph Siap Maju Lagi Menjadi Calon Gubernur Kalteng

Baca Juga: Harga Sapi Naik, Minat Umat Islam Berkurban di Sampit Tetap Tinggi

Baca Juga: Penyebaran Pangkalan Elpiji di Kalteng Tak Merata

Baca Juga: DPRD Palangkaraya Minta Pemkot Batasi Jumlah Minimarket

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

HUT Ke-69 Barut, Gubernur Kalteng Minta Pertahankan Falsafah Huma Betang
apahabar.com

Kalteng

Resmi Dikukuhkan, Apkasindo Kapuas Harus Cek Nasib Petani Plasma di Perusahaan
apahabar.com

Kalteng

Sempat Sembuh, Ketua Bawaslu-Komisioner KPU di Barito Reinfeksi Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Marak Tower Rooftop di Kapuas, Diduga Tak Berizin
apahabar.com

Kalteng

TKN: Jokowi akan Dorong Inovasi Perkebunan di Kalteng Jika Terpilih
GOR

Kalteng

Atap GOR di Muara Teweh Bocor, Atlet Bulutangkis Mengeluh
apahabar.com

Kalteng

Covid-19 di Muara Teweh Menguatirkan, Bupati Barut Titip Pesan
covid-19 kapuas

Kalteng

Kabar Duka, 1 Lagi Pasien Covid-19 di Kapuas Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com