Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Ketua DPRD Batola di Tangan Paman Birin

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juli 2019 - 10:06 WIB

Ketua DPRD Batola di Tangan Paman Birin

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. Foto-Denny S Ainan

apahabar.com, MARABAHAN – Dipastikan menjadi pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, DPD Partai Golkar Barito Kuala sudah menyiapkan nama untuk mengisi tampuk ketua DPRD Barito Kuala periode 2019-2024.

Hegemoni Golkar di Batola memang belum bisa digoyahkan. Dari 167.379 suara sah dalam Pileg 2019, Golkar meraih 68.079 suara.

Imbasnya partai yang identik dengan warna kuning ini memperoleh 16 kursi di DPRD Batola.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 4 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 suara dan Partai Amanat Nasional (PAN) 3 suara.

Selanjutnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 3 suara, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 3 suara, Nasional Demokrat (Nasdem) 2 suara dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 suara.

Sesuai Undang-undang No2/2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU N017/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), ketua DPRD periode selanjutnya diduduki partai pemenang Pileg 2019.

Lantas menindaklanjuti hasil penetapan jumlah kursi partai politik dan calon anggota DPRD yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola, Senin (22/07/2019), DPD Partai Golkar Batola langsung menyusun langkah.

“Kami sudah melakukan rapat pleno yang dihadiri pengurus DPD Kalimantan Selatan. Kemudian berdasarkan usulan-usulan, diperoleh tiga nama untuk dipilih menjadi ketua DPRD Batola 2019-2024,” papar Ketua DPD Partai Golkar Batola, Rahmadian Noor, Sabtu (27/07/2019).

Mereka yang diusulkan adalah Saleh, Syarif Faisal dan Muhammad Zamruni. Baik Saleh maupun Syarif sama-sama bertarung di Dapil Batola 1 dalam Pileg 2019. Sedangkan Zamruni berada di Dapil Batola IV.

Berdasarkan hasil suara sah, Saleh memperoleh suara terbanyak dengan 5.347 suara. Kemudian Syarif yang terpilih untuk kali ketiga, mengantongi 3.333 suara. Sedangkan Zamruni yang menjalani dua periode, mendapatkan 2.990 suara.

“Ketiga nama tersebut juga sudah disampaikan ke DPD Kalsel. Kami hanya berhak mengusulkan dan kewenangan akhir berada di tangan Paman Birin (Ketua DPD Partai Golkar Kalsel). Sementara surat rekomendasi dikeluarkan DPP,” papar Rahmadi.

Sementara posisi wakil ketua ditempati perwakilan partai dengan perolehan suara terbanyak selanjutnya, sesuai dengan Ayat 1 Pasal 427D dalam UU MD3.

Dengan demikian, empat wakil ketua berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Baca Juga: DPRD Batola Gagal Kuorum, Pengesahan Empat Raperda Ditunda

Baca Juga: Pakaian Harian DPRD Batola Seharga Rp1,3 Juta

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Seleksi Atak Diang Batola Diperketat
apahabar.com

Kalsel

Husni-Habib, Pembunuh di Sutoyo S Terancam Hukuman Mati
apahabar.com

Kalsel

Harga Elpiji 3 Kg Meroket di Kalsel, Ini Dalih Pertamina
Saksi Ahli Sebut Ajaran Nasruddin Bertentangan dan Menista Agama

Kalsel

Saksi Ahli Sebut Ajaran Nasruddin Bertentangan dan Menista Agama

Kalsel

VIDEO: Pelaku Pembunuhan di Sutoyo S Berhasil Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Hasil Uji Swab Masif Kalsel: 215 Positif Covid-19, Kabupaten Banjar Terbanyak
JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis

Kalsel

JKN-KIS Bantu Hermansyah Lawan Penyakit Kronis
apahabar.com

Kalsel

Istri Gusdur Berharap Intan Martapura Jadi No 1 di Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com