Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Film

Jumat, 5 Juli 2019 - 10:07 WIB

‘Koboy Kampus’, Kisah Pidi Baiq di Era Orba Tayang 25 Juli

rifad - Apahabar.com

Jumpa Pers film Koboy Kampus di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis kemarin. Foto-Istimewa

Jumpa Pers film Koboy Kampus di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Film Koboy Kampus: Understanding the Panasdalam siap tayang pada 25 Juli 2019 mendatang.

Film yang diproduksi 69 Production dan MNC Pictures ini bercerita tentang perjalanan band The Panasdalam yang dibentuk Pidi Baiq pada 1995.

Bukan hanya sebagai band, tapi juga sebagai negara bernama Negara Kesatuan The Panasdalam. Film ini disutradarai Pidi langsung, dan Tubagus Deddy.

Pidi, pria yang akrab disapa Ayah ini kala itu berkuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ia memilih mengkritik pemerintah di era Orde Baru (Orba) dengan cara kreatif ketimbang turun ke jalan seperti mahasiswa kebanyakan.

Sebelumnya, karakter Pidi diperankan oleh musisi Jason Ranti yang akrab disapa Jeje. Sukses jadi musisi, Jason kini mencoba peruntungan di dunia akting.

Disutradarai langsung oleh Pidi, Jason tak bisa menolak saat ditunjuk menjadi pemeran utama: memerankan tokoh sang sutradara.

“Awalnya bingung, anjir ini apaan, karena itu orang tua semua, nanti gue digebukin. Kayaknya Ayah spontan saja, ketemu terus bilang ‘eh kamu jadi saya ya’,” kata Jeje, seperti dilansir CNN Indonesia.

Baca juga :  Mulai dari MCU Hingga DCEU, Ini 10 Film yang Wajib Ditonton di 2019

Ia juga mendapat cerita dari personel The Panasdalam bagaimana Ayah memilih Jeje. Kala itu Ayah menjajar banyak foto sejumlah aktor kemudian menunjuk secara acak dan mendarat di wajah Jeje.

“Katanya, waktu milih Ayah bilang, ‘nah ini gembel. Iya, dia kan kaya tahun 2000-an ke atas, kalau dulu belum kaya’,” kata Jeje lagi.

Selain Jeje, terdapat sejumlah aktor muda dan aktor kenamaan Indonesia dalam film ini. Yaitu Ricky Harun (Ninuk), David John Schaap (Erwin), Miqdad Addausy (Dikdik), Bisma Karisma (Deni), Steffi Zamora Husein (Rosi), Danilla Riyadi (Nova), Vienny JKT 48 (Nia), Christina Colondam (Santi), Jennifer Lepas (Inggrid), Anfa Safitri (Rianto), Chicha Koeswoyo (ibunya Pidi) dan Ria Irawan (ibunya Nia)

Baca juga :  Kadisdik Kalsel Anjurkan Pelajar Tonton Film Koboy Kampus

Ricky menjelaskan ini menjadi kali kedua baginya memerankan karakter nyata yang masih hidup. Sebelum berakting sebagai Ninuk, ia pernah berperan sebagai Kaka dalam film Slank Nggak Ada Matinya (2013).

“Ninuk masih ada dan sempat ngobrol, dia suka joget-joget. Untuk memerankan orang lain itu agak susah. Tapi alhamdulillah, mereka terbuka sama kami,” katanya.

Bisma kemudian menambahkan. “Saya (tahun) 2008 sempat nongkrong sama Ayah di Bober, dari belum ada kantin sampai ada kantin The Panasdalam. Ngobrol akhirnya dan kesempatan bikin karya bareng. Kata Ayah ‘Bis, kamu memang tempatnya di sini’ dalam bahasa Sunda.”

Baca Juga: Alasan Jason Ranti Tak Bisa Nolak Main di Film Koboy Kampus

Baca Juga: Film Koboy Kampus, Kisah Pidi Baiq di Era Reformasi

Baca Juga: Wow, 16 Lagu The Panasdalam Ramaikan Film Koboy Kampus

Baca Juga: Koboy Kampus, Film Komersil Pertama Produksi Urang Banua

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Film

Vino-Marsha Timothy Jarang Bicara Film di Rumah
apahabar.com

Film

Absen Peluncuran Trailer Film, Augie Fantinus Tulis Surat dari Penjara
apahabar.com

Film

Rami Malek Impikan Peran Jahat di Film James Bond
apahabar.com

Film

Syuting Film ‘Satria Dewa Gatotkaca’ Terkendala Corona, Hanung Malah Bersyukur
apahabar.com

Film

Agar WFH Tak Membosankan, Tonton 5 Film Ini
apahabar.com

Film

Acara dan Film Eksklusif akan Digratiskan YouTube
apahabar.com

Film

AFK 2019 Resmi Dibuka, 77 Film Pendek Lokal Turut Bersaing
apahabar.com

Film

Berhasil Dapat Penghargaan Bergengsi ini di Festival Film Macau 2018, Iqbaal Ramadhan Banjir Pujian