Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Kuatkan Silaturahmi, Banjarbaru Gelar Lomba Lansia

- Apahabar.com Selasa, 2 Juli 2019 - 09:14 WIB

Kuatkan Silaturahmi, Banjarbaru Gelar Lomba Lansia

Acara Lomba Pesan Bersambung Bagi Lansia oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, bekerja sama dengan TP PKK Kota Banjarbaru. Foto- Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan, membuka Acara Lomba Pesan Bersambung Bagi Lansia.

Lomba ini diadakan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, bekerja sama dengan TP PKK Kota Banjarbaru, di Sekretariat TP PKK Kota Banjarbaru Jalan Taman Gembira Barat Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru.

Lomba dengan tema Lansia Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Berdayaguna bagi Keluarga dan Masyarakat tersebut juga dihadiri dewan juri lomba dan Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan serta Kepala Puskesmas se Kota Banjarbaru.

Panitia pelaksana kegiatan lomba Hj Rahmaniah, menyampaikan kegiatan Lomba Pesan Bersambung Bagi Lansia ini di ikuti oleh perwakilan lansia dari masing-masing puskesmas se-Kota Banjarbaru, satu puskesmas membawa enam orang lansia.

“Jadi jumlah peserta lomba pada hari ini ada 60 orang lansia. Semoga dengan kegiatan ini dapat menjalin tali silaturahmi lansia se Kota Banjarbaru,” ujarnya.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan, menyampaikan bahwa upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi sesuai dengan martabat kemanusiaan. Untuk itu pemerintah wajib menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia untuk dapat tetap hidup mandiri dan produktif.

Pada usia lanjut cenderung akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh, namum kita tidak perlu berkecil hati, kita harus tetap menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat. Karena para lanjut usia memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dan tingkat kesehatan. Untuk itu, sangatlah diperlukan bagi kelompok lanjut usia untuk rutin memeriksakan kesehatannya di posyandu lansia, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), ataupun di fasilitas kesehatan lainnya.

Lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di mana upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia diarahkan agar tetap diberdayakan sehingga berperan dalam kegiatan pembangunan dengan memperhatikan fungsi, keterampilan, usia dan kondisi fisik dari lanjut usia tersebut.

Melalui kegiatan lomba pada hari ini selain diharapkan dapat lebih meningkatkan fungsi kognitif, diharapkan pula dapat memotivasi para lansia untuk menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat, dimulai dari olahraga teratur hingga menjaga pola pikir untuk hidup sehat.

Pada akhirnya, kesadaran dari setiap individu untuk menjaga kesehatan dan menyiapkan hari tua dengan sebaik-baiknya serta sedini mungkin merupakan hal yang sangat penting. Semua pelayanan kesehatan harus didasarkan pada konsep pendekatan siklus hidup dengan tujuan jangka panjang, yaitu sehat sampai memasuki lanjut usia.

Semoga kita dapat selalu optimis, ceria dan berusaha agar selalu tetap sehat di usia lanjut. Karena peningkatan penduduk lansia pada dasarnya merupakan dampak positif dari pembangunan. Pembangunan meningkatkan taraf hidup masyarakat, menurunkan angka kematian dan meningkatkan usia harapan hidup.

Baca Juga: Sudian Noor Serahkan Bantuan untuk Lansia

Baca Juga: Dinas Sosial Kalteng Tegaskan Tak Pernah Telantarkan Lansia

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting

Pemko Banjarbaru

Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Menilik Kampung Tangguh Desa Bangkal Banjarbaru Usai Diresmikan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Antisipasi Radikalisme, Disdik Banjarbaru: Kepala Sekolah Jadi Ujung Tombak
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Ingatkan Milenial Jadikan Pancasila Dasar Pola Tindak
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Tingkatkan Sumber Daya Manusia ASN
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Siap-Siap, PSBB di Banjarbaru Dimulai 2 Hari Lagi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Minta PWRI Terus Beri Masukan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

PKK Banjarbaru Kembangkan Kemandirian IRT Lewat Pelatihan Menjahit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com