Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Lepas Merpati, Tanda Festival Budaya dan Pariwisata Kalsel Dimulai

- Apahabar.com     Kamis, 4 Juli 2019 - 20:40 WITA

Lepas Merpati, Tanda Festival Budaya dan Pariwisata Kalsel Dimulai

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah mencoba permainan Balogo. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon helium di Taman Siring 0 Kilometer, Kamis (4/7) Sore.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah, membuka secara resmi festival yang digelar pada 4 – 6 Juli 2019.

“Pelaksanaan festival kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional ke-26. Ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya Banjar serta mempromosikan pariwisata di Kalimantan Selatan,” ucap Heriansyah dalam sambutannya.

Heriansyah berharap kegiatan ini membawa pengaruh positif di sektor pariwisata serta mampu menarik para investor guna mendorong perkembangan ekonomi di Kalsel.

“Hari ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, bisa nanti mereka akan menceritakan kepada seluruh Indonesia bahwa Kalimantan Selatan penuh dengan budaya dan pariwisata,” kata Heriansyah kepada awak media.

Budaya tradisional Banjarmenurutnya, merupakan tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Di dalamnya mengandung nilai-nilai filosofi, simbol dan nilai religius yang mengandung pesan moral yang bermanfaat bagi kehidupan.

“Budaya Banjar yang kita miliki adalah identitas suku bangsa Banjar yang harus kita jaga dan lestarikan. Kita harus menjadi masyarakat yang cerdas yaitu terbuka akan budaya yang lain,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, H Dahnial Kifli beserta jajaran Forkopinda Kalsel bergabung ke atas panggung untuk mendampingi prosesi pelepasan burung merpati dan balon helium.

Berikutnya, Heriansyah dan rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling di area Festival. Pertama yaitu mencoba permainan tradisional Banjar, balogo. Kemudian berkunjung ke stand yang berasal dari kabupaten/kota se Kalsel.

Untuk rangkaian acara, nantinya akan ada festival kopi dan kuliner khas Kalsel. Serta lomba-lomba menarik seperti pawai budaya, fashion karnaval, becak hias, balogo dan bagasing, sepeda antic dan masak saluang. Turut meramaikan acara, juga akan ada penampilan Bintang Pantura yaitu Lilis Darawangi.

apahabar.com

Peresmian Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata dengan melepas burung merpati dan balon helium. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Prakiraan Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Pelaku Koboi Jalanan di Banjarbaru Dibekuk Tim Macan Polda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Sampel Tembus 500, Banjarmasin Setop Swab Massal
apahabar.com

Kalsel

Kasus Eks Pemred Banjarhits.id, Jaksa Tegaskan Bebas Intervensi
Penipuan Tabalong

Kalsel

Viral Aksi Tipu-Tipu ‘Kuitan Garing’, Polisi Tabalong Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Sajikan Jajanan Banjar, Perputaran Uang di Pasar Wadai Bisa Capai Miliaran 
apahabar.com

Kalsel

Tabalong Laksanakan BIAS MR, 4.615 Siswa Ditarget Imunisasi
apahabar.com

Kalsel

Kepala UPT Pemasyarakatan Kalsel Belajar ke Lapas Cibinong dan Salemba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com