UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Lepas Merpati, Tanda Festival Budaya dan Pariwisata Kalsel Dimulai

- Apahabar.com Kamis, 4 Juli 2019 - 20:40 WIB

Lepas Merpati, Tanda Festival Budaya dan Pariwisata Kalsel Dimulai

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah mencoba permainan Balogo. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon helium di Taman Siring 0 Kilometer, Kamis (4/7) Sore.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah, membuka secara resmi festival yang digelar pada 4 – 6 Juli 2019.

“Pelaksanaan festival kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional ke-26. Ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya Banjar serta mempromosikan pariwisata di Kalimantan Selatan,” ucap Heriansyah dalam sambutannya.

Heriansyah berharap kegiatan ini membawa pengaruh positif di sektor pariwisata serta mampu menarik para investor guna mendorong perkembangan ekonomi di Kalsel.

“Hari ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, bisa nanti mereka akan menceritakan kepada seluruh Indonesia bahwa Kalimantan Selatan penuh dengan budaya dan pariwisata,” kata Heriansyah kepada awak media.

Budaya tradisional Banjarmenurutnya, merupakan tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Di dalamnya mengandung nilai-nilai filosofi, simbol dan nilai religius yang mengandung pesan moral yang bermanfaat bagi kehidupan.

“Budaya Banjar yang kita miliki adalah identitas suku bangsa Banjar yang harus kita jaga dan lestarikan. Kita harus menjadi masyarakat yang cerdas yaitu terbuka akan budaya yang lain,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, H Dahnial Kifli beserta jajaran Forkopinda Kalsel bergabung ke atas panggung untuk mendampingi prosesi pelepasan burung merpati dan balon helium.

Berikutnya, Heriansyah dan rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling di area Festival. Pertama yaitu mencoba permainan tradisional Banjar, balogo. Kemudian berkunjung ke stand yang berasal dari kabupaten/kota se Kalsel.

Untuk rangkaian acara, nantinya akan ada festival kopi dan kuliner khas Kalsel. Serta lomba-lomba menarik seperti pawai budaya, fashion karnaval, becak hias, balogo dan bagasing, sepeda antic dan masak saluang. Turut meramaikan acara, juga akan ada penampilan Bintang Pantura yaitu Lilis Darawangi.

apahabar.com

Peresmian Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata dengan melepas burung merpati dan balon helium. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 20 Oktober: Tambah 42 Positif, 37 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Partai Demokrat Kalsel Terima Instruksi SBY
apahabar.com

Kalsel

Dua Perusahaan Terlapor Akhirnya Bayar THR Karyawan

Kalsel

Awas Melanggar Rambu Lalu Lintas, Traffic Light di Banjarmasin Segera Dilengkapi Kamera 360 Derajat
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Sibernet Bagikan 80 Bungkus Nasi Sekitar Ponpes Al-Falah
apahabar.com

Kalsel

Bangunan Ini Akan Melengkapi Taman Kamboja Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarmasin Ingatkan Dinkes Waspadai Masuknya Virus Corona
apahabar.com

Kalsel

DLH Banjar Sorot Limbah Medis Infeksius Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com